Iklan

Iklan

Bupati Tapin Buka Sosialisasi Pajak Daerah dan Pendistribusian SPPT

BERITA PEMBARUAN
02 Mei 2023, 19:36 WIB Last Updated 2023-05-02T12:37:02Z
Bupati HM Arifin Arpan saat sosialisasi Pajak Daerah dan Pendistribusian SPPT di Aula Kecamatan CLU, Selasa 2 Mei 2023.(foto:ist)


TAPIN - Pemkab Tapin melalui Badan Pendapatan Daerah Sosialisasikan Pajak Daerah sekaligus Pendistribusian Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2) kepada masyarakat di Kecamatan Candi Laras Selatan dan Kecamatan Candi Laras Utara, Kabupaten Tapin Kalsel.


Bupati Tapin HM Arifin Arpan langsung membuka sekaligus memberikan sambutan pada sosialiasi pajak daerah tersebut yang digelar di Aula Kantor Kecamatan Candi Laras Utara (CLU), Selasa 2 Mei 2023.


Turut mendampingi Bupati Tapin, Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Tapin Sapuani bersama Kepala Dinas Perikanan Parianata dan Camat CLS Nurdin serta Sekcam CLU.


Bupati Tapin menyampaikan,guna mendongkrak target Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui pendapatan pajak daerah, sosialisasi kepada warga masyarakat Tapin seperti di dua Kecamatan CLU dan CLS ini perlu dilakukan.


Ia mengharapkan kerjasama kepada peserta (masyarakat) untuk membayar pajak daerah sesuai aturan yang telah ditetapkan.


"Karena dari pajak inilah pemerintah daerah dapat melakukan pembangunan, khususnya untuk kecamatan Candi Laras Utara dan Kecamatan Candi Laras Selatan begitu pula kecamatan lain di Kabupaten Tapin," ujarnya.


Arifin Arpan berpesan kepada seluruh Kepala Desa dan Baperdes agar tetap selalu bersinergi, guna aman dan lancarnya Pemerintah Desa tidak terkecuali di wilayah Candi Laras Utara dan Candi Laras Selatan.


Pada kesempatan itu pula Bupati Tapin mengingatkan kepala desa dan masyarakat khususnya di Kecamatan CLS dan CLU untuk waspada terhadap setiap gejala atau potensi bencana. Salah satunya Karhutla yang bisa disebabkan oleh cuaca panas ekstrim pada musim kemarau. 


"Saat ini terjadi cuaca yang panas diluar dan karena cuaca panas ini biasanya lahan gambut atau rawa seperti di dua Kecamatan CLU dan CLS ink mudah terbakar, untuk itu agar Kepala Desa juga masyarakat untuk siap dalam menghadapi musim kemarau ini," pintanya.


Bupati mengimbau agar semua lapisan masyarakat di CLS dan CLU tetap waspada dan siap siaga apabila terjadinya kebakaran agar memanfaatkan aliran sungai yang ada untuk memadamkan api jika terjadi bencana kebakaran.


Sementara Kepala Bapenda Tapin Sapuani mengatakan, tujuan diadakannya sosialisasi pajak ini untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada masyarakat melalui kepala desa, Kaur Pemerintahan dan Ketua Baperdes tentang apa itu pajak dan manfaatnya serta jenis-jenis pajak baik dari pemerintah pusat dan daerah.


"Sosialisasi pajak ini untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada masyarakat terkait pajak," ujarnya.


Diharapkan dengan pemahaman ini kata Sapuani,target pendapatan asli daerah khususnya sektor pajak daerah bisa tercapai.


Adapun peserta sosialisasi itu yakni para Kepala Desa, Kaur Pemerintahan Desa dan Ketua Baperdes se -Kecamatan Candi Laras Utara dan Kecamatan Candi Laras Selatan.


Selanjutnya dalam acara tersebut juga diberikan Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2) masing-masing untuk Kec CLU dan CLS diterimakan secara simbolis kepada kepala desa.(ron)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati Tapin Buka Sosialisasi Pajak Daerah dan Pendistribusian SPPT

Terkini

Topik Populer

Iklan