Iklan

Iklan

KPU Tapin: Baru PKS dan PDIP yang Daftarkan Bacaleg untuk Pileg 2024

BERITA PEMBARUAN
11 Mei 2023, 22:18 WIB Last Updated 2023-05-13T07:57:42Z
Ketua DPC PDIP Kabupaten Tapin H. Midpay Syahbani saat menyerahkan pengajuan bacaleg ke KPU Kabupaten Tapin, Kamus 11 Mei 2023.(foto:ist)


RANTAU - Menjelang tiga hari penutupan pendaftaran sementara Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg),Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Tapin daftarkan Bacaleg untuk Pileg tahun 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tapin Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (11/5/2023).


Pendaftaran Bacaleg itu dilakukan dengan berjalan kaki dari Sekertariat DPC PDIP yang dipimpin langsung oleh Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Tapin H Midpay Syahbani bersama Sekertaris Yuspianoor beserta puluhan orang pengurus partai berlambang kepala banteng tersebut.


Sesampainya dihalaman Sekretariat KPU Tapin Jl Jendral Sudirman Bypass Rantau, Bacaleg PDIP tersebut disambut rombongan maulid yang mengundangkan sholawat lalu menyerahkan berkas pendaftaran yang diterima langsung jajaran komisioner KPU Tapin


Ketua DPC PDIP Kabupaten Tapin H Midpay Syahbani menyampaikan, Bacaleg PDIP Tapin yang didaftarkan seluruhnya terpenuhi seratus persen dan mereka (Bacaleg) akan memperebutkan 25 kursi DPRD di tiga daerah pemilihan yang ada di Tapin.


"Untuk kesetaraan gender atau keterwakilan perempuan yang disyaratkan undang - undang minimal 30 persen dari total Bacaleg, sudah kita (PDIP) penuhi bahkan hingga 40 persen perwakilan perempuan yang didaftarkan," ujar Ketua DPC PDIP Tapin.


Bahkan kata H Midpay, di daerah pemilihan II yang meliputi Kecamatan Tapin Selatan, Binuang, Hatungun dan Salam Babris dari total 10 kursi yang diperebutkan PDIP Tapin mendaftarkan 6 orang Bacaleg perempuan di dapil tersebut.


Dikatakannya, PDIP Tapin sengaja memasang Bakal Calon Anggota Legislatif keterwakilan perempuan hingga 40 persen itu untuk antisipasi  jika ada revisi peraturan KPU terkait kesetaraan gender maka pihaknya tidak masalah.


"Caleg yang didaftarkan, perpaduan antara senior dan junior namun 80 persen diisi Bacaleg milenial, bahkan 3 orang diantaranya masih berusia 21 tahun atau sesuai batas minimal syarat usia caleg," terangnya.


Ketua DPC PDIP Tapin menargetkan suara dan jumlah kursi DPRD Tapin pada Pileg 2024 ini bisa menjadi dua besar atau minimal tetap di tiga besar serta target dapat memenangkan Calon Presiden (Capres) yang diusung PDIP yakni Ganjar Pranowo.


"Target menjadi dua besar namun minimal tetap di tiga besar. Tiap dapil dapat meraih 1 kursi DPRD Tapin dan ada daerah pemilihan yang ditargetkan mendapatkan dua kursi," sebutnya.


Sementara Komisioner KPU Tapin Muhammad Fauzi mengatakan, sejak dibukanya pendaftaran bacaleg sementara melalui parpol oleh KPU Tapin atau mulai 1 Mei 2023 hingga sekarang (11/5) baru dua Partai Politik ( Parpol) yang sudah mendaftarkan Bacaleg ke KPU.


"Sampai hari yang ke sebelas ini baru dua Parpol yang sudah menyerahkan berkas pendaftaran Bacalegnya ke KPU Tapin, yakni PKS  yang daftar pada hari Selasa (9/5) kemarin dan PDIP hari ini," ujarnya.


Namun KPU Tapin memastikan parpol  lainnya akan segera menyusul menyerahkan berkas pendaftaran Bacalegnya hingga hari terakhir pendaftaran yakni tanggal 14 Mei 2023 pukul 23.59 Wita Sabtu lusa.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • KPU Tapin: Baru PKS dan PDIP yang Daftarkan Bacaleg untuk Pileg 2024

Terkini

Topik Populer

Iklan