Iklan

Iklan

Sosialisasi Pemilu 2024 untuk Pemilih Pemula di Tapin, Kalimantan Selatan

BERITA PEMBARUAN
02 Agustus 2023, 12:14 WIB Last Updated 2023-08-02T05:14:37Z
Kaban Kesbangpol Kabupaten Tapin Hj Aulia Ulfah ((keempat dari kanan) bersama narasumber lainnya di Aula Kantor Kecamatan Binuang,Selasa 1 Agustus 2023.(foto:ron)


RANTAU - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Tapin menggelar Sosialisasi Pemilu Serentak tahun 2024 bagi pemilih pemula pelajar tingkat SMA sederajat, di Aula Kantor Kecamatan Binuang Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan, Selasa (1/8/2023).


Pada sosialisasi tersebut dipimpin langsung Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Tapin Hj Aulia Ulfah S.E., M.M., dan dua orang narasumber Ketua KPU Tapin Fakhrian Noor, S.Pi., M.H., dan Anggota Bawaslu Kabupaten Tapin Marliansyah, S.E., serta Camat Binuang Eko Haryono, S.E., M.M., para guru pembimbing dan puluhan pelajar SMA sederajat.


Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Tapin Hj Aulia Ulfah pada sambutannya mengatakan, pemilu merupakan kesempatan untuk menentukan arah dan masa depan bangsa, melalui pemilu masyarakat bisa menentukan siapa yang akan menjadi pemimpin negara selama lima tahun ke depannya.


"Oleh karenanya, sangat penting bagi kita semua terutama pemilih pemula untuk memahami pentingnya partisipasi dan memilih calon yang tepat pada pemilu," ujarnya.


Menurutnya, tidak sedikit dari pemilih pemula yang kurang memahami seluk beluk politik dan tata cara pemilu. Namun, hal itu jangan sampai menjadi alasan untuk kita khususnya para pemilih pemula ini berhenti terlibat pada proses demokrasi.


"Jadi sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai pentingnya pemilu bagi keberlangsungan negara dan edukasi tentang tata cara pemilihan yang baik dan benar," tuturnya.


Lebih lanjut Aulia Ulfah mengatakan, melalui sosialisasi ini diharapkan para pelajar atau pemilih pemula dapat mengerti bahwa pemilu bukan hanya sekedar memilih namun juga sebuah tanggung jawab besar yang harus dilaksanakan dengan baik dan benar.


Selain itu kata Aulia, tujuan lain dari sosialisasi ini guna meningkatkan partisipasi pemilih pemula pada pemilu serentak tahun 2024 mendatang. Karena dengan meningkatnya partisipasi pemilih diharapkan akan tercipta sebuah pemilihan yang demokratis, adil dan transparan, sehingga pemimpin yang terpilih nanti benar - benar akan mewakili aspirasi masyarakat secara lebih baik.


Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Tapin menegaskan, selain memahami pentingnya partisipasi,perlu diingat juga bahwa pemilu harus dilaksanakan dengan damai dan aman.


"Saya mengajak seluruh pemilih khususnya di Tapin untuk berpartisipasi dalam pemilu secara damai dan santun. Hindari tindakan kekerasan, intimidasi dan pelanggaran hukum lainnya. Kita harus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi," pintanya.


Ia menambahkan, adapun keputusan memilih calon nanti adalah hak masing-masing sesuai pemikiran rasional dan hati nurani individu para pemilih itu sendiri.


"Memilih dengan bijak, kita akan mampu memberikan kontribusi positif bagi negara dan bangsa," pungkasnya.


Sementara Camat Binuang Eko Haryono mengapresiasi dan menyambut baik sosialisasi pemilu serentak 2024 bagi pemilih pemula yang dilaksanakan di wilayahnya itu.


Sehingga kata Camat Binuang, akan menambah pengetahuan bagi pemilih pemula yang notabene mayoritas masih pelajar kelas XII di tingkat SMA sederajat.


"Selain dapat pengetahuan tentang syarat dan tata cara memilih,mereka juga jadi tahu kapan hari H pelaksanaan pemilu serentak tahun 2024 mendatang dan diharapkan berdampak pada meningkatnya partisipasi pemilih khususnya di Kecamatan Binuang," ujarnya.(ron).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Sosialisasi Pemilu 2024 untuk Pemilih Pemula di Tapin, Kalimantan Selatan

Terkini

Topik Populer

Iklan