Iklan

Iklan

PLN UPP Kalbagtim 4 Sosialisasi Pembangunan Jaringan Transmisi SUTT 150kV

BERITA PEMBARUAN
29 September 2023, 00:11 WIB Last Updated 2023-09-28T17:11:29Z
Petugas PLN saat sosialisasi Pembangunan Jaringan Transmisi SUTT 150kV di Desa Plajau Baru Kecamatan Kelumpang Kabupaten Kotabaru, Kalsel, Jumat 15 September 2023 lalu (foto:ist)


KOTABARU - PT PLN Unit Pelaksana Proyek (UPP) Kalimantan Bagian Timur 4 (Kalbagtim), menggelar sosialisasi kepada warga yang terdampak langsung Proyek Jaringan Transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150KV.


Sebagai bentuk komitmen mendukung terwujudnya pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), sosialisasi PLN tersebut digelar di Kantor Desa Plajau Baru, Kecamatan Kelumpang Kabupaten Kota Baru, Kalimantan Selatan beberapa waktu lalu tepatnya Jumat (15/9/2023).


Farid Laksmana, Staf PLN UPP Kalbagtim 4, Farid Laksamana menyampaikan bahwa sosialisasi diberikan kepada para warga Desa Plajau Baru yang berada di bawah jalur Right of Way (RoW) Pembangunan Jaringan Transmisi SUTT 150kV, yang lahannya terdampak Proyek Strategis Nasional Kelistrikan ini.


Dalam sosialisasi tersebut, pihaknya menyampaikan beberapa hal kepada warga Desa Plajau Baru, yaitu ruang bebas dan jarak aman minimum jaringan tenaga listrik SUTT 150 kV. 


“Selain ruang bebas dan jarak aman minimum jaringan tenaga listrik, para warga Desa Plajau Baru disosialisasikan juga terkait mekanisme kompensasi atas tanah, bangunan dan tanaman di bawah ruang bebas SUTT 150kV Sei Durian-Tarjun," ujar Farid, Kamis (28/9/2023).


Hal ini sangat penting mengingat jalur Pembangunan Jaringan Transmisi SUTT 150kV berada pada di sekitar wilayah Desa Plajau Baru, sehingga akan berpengaruh pada keamanan jaringan transmisi.


“Dengan sosialisasi ini, kami berharap Pembangunan Jaringan Transmisi SUTT 150kV dapat berjalan dengan lancar dan selesai tepat waktu. Warga yang mempunyai lahan di bawah jalur juga akan mendapatkan kompensasi ROW sesuai dengan Peraturan Menteri Energi Sumber Daya Mineral No 13 tahun 2021," jelas Farid.


"Dengan adanya transmisi ini maka listrik di daerah yang khususnya Kabupaten Kotabaru akan menjadi semakin andal dan perekonomian daerah semakin meningkat," tutup Farid.(rls/ron)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • PLN UPP Kalbagtim 4 Sosialisasi Pembangunan Jaringan Transmisi SUTT 150kV

Terkini

Topik Populer

Iklan