Iklan

Iklan

Mitra Hidayah Mandiri Raih Predikat BUMDes Terbaik Pertama se-Kalsel

BERITA PEMBARUAN
15 Oktober 2023, 22:52 WIB Last Updated 2023-10-15T17:21:25Z
PJ. Bupati Tapin saat menerima penghargaan dari Gubernur Kalsel yang diserahkan Sekda Provinsi Kalsel Roy Rizali Anwar, Jumat 13 Oktober 2023.(foto:ist)


RANTAU - Salah satu Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Tapin mendapatkan predikat terbaik pertama tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.


BUMDes terbaik yang mendapatkan perhargaan dari Gubernur Kalsel tersebut yakni Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mitra Hidayah Mandiri Desa Bitahan Baru Kecamatan Lokpaikat Kabupaten Tapin.


Penghargaan dari Gubernur Kalsel Sahbirin Noor itu diserahkan oleh Sekda Provinsi Kalsel Roy Rizali Anwar pada gelaran Expo BUMDes Se Kalimantan Selatan di Lapangan Murzani Banjarbaru, Kalsel, Jumat (13/10/2023).


Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tapin,Rahmadi mengaku senang dan bangga atas prestasi yang berhasil didapat BUMDes Mitra Hidayah Mandiri yang notabene bianaan lingkup SKPD-nya.


Dikatakannya,sejak dua puluh tahun pengelolaan BUMDes tersebut, banyak keberhasilan yang telah diraihnya dan prestasi kali ini merupakan pencapaian paripurna yang didapat BUMDes Mitra Hidayah Mandiri.


"Ini prestasi yang membanggakan. Saya berharap apa yang sudah dilaksanakan BUMDes sekarang ini bisa dipertahankan bahkan lebih ditingkatkan," pintanya.


Ia menjelaskan, beberapa jenis usaha yang dikelola BUMDes Mitra Hidayah Mandiri ini antara lain, jual beli besi tua, catering, penyediaan air bersih untuk perusahaan dan air minum untuk masyarakat, peternakan ayam petelur, serta penyediaan sarana angkutan.


Dijelaskannya, dari beberapa jenis usaha yang dikelola BUMDes ini sudah menjalin kerja sama kontrak atau bermitra dengan sejumlah perusahaan di Tapin, di samping dengan masyarakat umum dan tidak menerima penyertaan modal dari luar.


"Dari hasil usaha tersebut,BUMDes Mitra Hidayah Mandiri sudah mampu menyumbang PADes sebesar Rp50 juta setahun dan merupakan yang tertinggi dari BUMDes - BUMDes lain se-Kabupaten Tapin," sebutnya.


Sementara, Penjabat Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin mengapresiasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa yang telah sukses membina Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Tapin.


Syarifuddin meminta Dinas PMD Tapin untuk terus melakukan pembinaan terhadap BUMDes - BUMDes lain yang ada di 126 Desa di Kabupaten Tapin.


Menurut Pj. Bupati, jika BUMDes di Tapin ini sudah mampu menyumbang PADes, maka percepatan pembangunan di Desa akan dapat dengan mudah tercapai.


Disamping itu kata Syarifuddin, dengan BUMDes ini tentunya perekonomian di Desa bisa tumbuh berkembang sehingga kesejahteraan masyarakat meningkat.


"Selamat untuk BUMDes Mitra Hidayah Mandiri yang telah berhasil meraih penghargaan terbaik pertama dari Gubernur Kalsel dan terima kasih buat Dinas PMD yang telah sukses membina BUMDes di Tapin," ungkapnya.


Ia berharap apa yang sudah didapat oleh BUMDes Mitra Hidayah Mandiri ini jadi motivasi buat BUMDes lainnya terutama di Kabupaten Tapin.(ron).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Mitra Hidayah Mandiri Raih Predikat BUMDes Terbaik Pertama se-Kalsel

Terkini

Topik Populer

Iklan