Iklan

Iklan

Pj. Bupati Tapin Apresiasi Peran Aktif PKK Program Nasional Gemarikan

BERITA PEMBARUAN
11 Oktober 2023, 20:33 WIB Last Updated 2023-10-11T13:39:23Z
Pj.Bupati Tapin Kalsel M. Syarifuddin saat membuka kegiatan Gemarikan di Kecamatan Lokpaikat, Rabu 11 Oktober 2023.(foto:ist)


RANTAU - Pj. Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin, M.Pd., sebutkan perlu strategi pembangunan secara holistik untuk menjawab tantangan terkait isu ketersediaan pangan global dan krisis energi di beberapa negara.


Hal tersebut disampaikan Muhammad Syarifuddin pada saat membuka kegiatan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Kecamatan Lokpaikat Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Rabu (11/10/2023).


Menurutnya, pesatnya pertumbuhan penduduk yang tidak diimbangi peningkatan produksi pangan dan penyediaan energi, dapat menimbulkan masalah serta krisis yang kini banyak terjadi di beberapa negara di dunia.


Dikatakan Muhammad Syarifuddin, ada lima aspek yang perlu diperhatikan untuk menuju Indonesia tahan pangan dan gizi tahun 2023 ini.


Lima aspek tersebut antara lain, peningkatan ketersediaan pangan, kemudahan dalam mengakses pangan, peningkatan kuantitas dan kualitas konsumsi pangan, peningkatan status gizi masyarakat dan peningkatan mutu serta keamanan pangan.


"Kebijakan dan strategi pembangunan secara holistik perlu diarahkan untuk menjawab tantangan tersebut," ujarnya.


Menurutnya, peningkatan kuantitas dan kualitas pangan masyarakat menuju gizi seimbang merupakan aspek penting dalam membangun kualitas sumber daya manusia (SDM).


Untuk itu kata Syarifuddin, perlu didorong dengan program - program yang mengembangkan aspek kuliner, dan pengetahuan konsumen, tentang gizi melalui edukasi, sosialisasi atau kampanye untuk meningkatkan image (citra) pangan dan pendapatan serta pendidikan masyarakat.


"Gemarikan, merupakan program nasional untuk meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat yang memiliki nilai strategis penting dalam memperkuat ketahanan pangan nasional," sebutnya.


Ia mengapresiasi TP PKK Kabupaten dan kecamatan yang telah berperan aktif, membantu pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan budaya konsumsi makan ikan di masyarakat. Juga dapat menggerakan unit - unit produksi hingga konsumsi di masyarakat Tapin.


"Peran aktif PKK melalui sosialisasi atau perlombaan Gemarikan, dapat menambah wawasan yang lebih terbuka tentang nilai positif makan ikan," pungkasnya.


Hadir pada giat tersebut,:Pj Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin, Ketua TP PKK Tapin beserta Ketua PKK Kecamatan, Kepala Dinas Perikanan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Camat Lokpaikat dan undangan lainnya.(ron)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pj. Bupati Tapin Apresiasi Peran Aktif PKK Program Nasional Gemarikan

Terkini

Topik Populer

Iklan