Iklan

Iklan

Api Masih Menyala di TPA Jalupang, Aktivis Tantang Pemerintah Debat

BERITA PEMBARUAN
17 Desember 2023, 14:38 WIB Last Updated 2023-12-17T07:40:43Z
Api masih menyala di tumpukan sampah TPA Jalupang Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang, Sabtu 16 Desember 2023 malam (foto: bdg)


KARAWANG  - Kebakaran yang melanda Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jalupang  di Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang belum kunjung mereda setelah satu bulan setengah berlalu.


Bahkan, pada malam terakhir, terjadi kobaran api baru di tengah tumpukan sampah, meningkatkan kekhawatiran akan keselamatan pekerja di lokasi tersebut.


Salah satu pekerja TPA Jalupang, yang enggan disebutkan namanya (R), mengungkapkan kekhawatirannya. 


"Saya merasa tidak tenang saat bekerja karena api kembali berkobar. Kondisi ini sangat mengganggu aktivitas kami," ucapnya.


Di tempat lain, aktivis lingkungan H. Elyasa Budianto, S.H., menyampaikan kekecewaannya terhadap kurangnya transparansi pemerintah terkait permasalahan Jalupang. 


"Setelah pertemuan komisi III dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karawang pada 23 November lalu, belum ada transparansi yang diungkapkan kepada publik. Saya tantang pemerintah untuk debat publik agar masalah TPA Jalupang ini terbuka," tegas Elyasa, Minggu 17 Desember 2023.


Lebih lanjut, Elyasa menyebutkan adanya aroma tidak sedap yang menimbulkan dugaan korupsi di Karawang. 


"Kita harus terus mengungkap kasus korupsi ini agar tidak hanya bau sampah yang meracuni masyarakat," sebut Pengacara senior di Kabupaten Karawang itu.


Sementara itu, Elyasa mendesak pemerintah dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karawang untuk segera mencari solusi atas permasalahan sampah di Jalupang. "Kita memerlukan solusi konkret agar masyarakat tidak terus terpapar oleh bau sampah yang mengancam kesehatan," pungkasnya.(bdg)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Api Masih Menyala di TPA Jalupang, Aktivis Tantang Pemerintah Debat

Terkini

Topik Populer

Iklan