Iklan

Iklan

Buah Tropis Ini Bukan Sekadar Lezat, Tapi Juga Obat

BERITA PEMBARUAN
17 Desember 2023, 17:21 WIB Last Updated 2023-12-17T10:21:59Z
Buah Nanas yang kaya akan vitamin dan berkhasiat banyak.(foto : rm)


Beritapembaruan.id - Siapa sangka, nanas yang memiliki cita rasa asam manis segar, bukan hanya menggoda lidah tetapi juga menjadi senjata ampuh melawan asam urat. 


Dikutif dari koran-gala.id, nanas mengandung senyawa bromelain, antioksidan tinggi, dan vitamin C yang sangat bermanfaat.


Berikut adalah tiga cara ajaib buah nanas mengobati asam urat:


1. Mengatasi Peradangan 

Pemicu utama asam urat adalah kadar purin yang tinggi, yang menyebabkan penumpukan kristal di persendian dan peradangan. Rutin mengonsumsi nanas, khususnya yang mengandung bromelain, dapat membantu mengatasi peradangan dan mempercepat proses penyembuhan. Rasa sakit pun dapat berkurang atau bahkan hilang.


2. Memecah Kristal Asam Urat.

Penelitian menunjukkan bahwa bromelain dalam nanas memiliki kemampuan untuk meredakan asam urat dengan memecahkan kristal yang menyebabkan ketegangan dan peradangan di persendian. Proses ini membantu mengurangi kadar asam urat berlebih di area persendian, memberikan efek positif pada rasa sakit.


3. Penurun Asam Urat Berkat Vitamin C Tinggi.

Selain bromelain, nanas juga kaya nutrisi penting seperti mangan, tembaga, dan vitamin C. Penelitian menunjukkan kaitan yang signifikan antara konsumsi vitamin C dan penurunan kadar asam urat dalam darah. Dengan mengonsumsi sekitar 210 gram buah nanas, Anda dapat memenuhi sebagian besar kebutuhan harian vitamin C, memberikan manfaat kesehatan optimal.


Meskipun nanas menjadi satu-satunya buah yang mengandung bromelain, disarankan untuk mengonsumsinya dalam keadaan segar daripada diolah lebih dulu. 


Jadi, mulailah menyertakan nanas dalam pola makan sehat Anda untuk menjaga kesehatan dan meredakan masalah asam urat. Dan tetaplah menjaga pola makan yang seimbang dan berkonsultasilah dengan ahli gizi atau dokter untuk menentukan menu yang sesuai dengan kebutuhan kesehatan Anda.(**)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Buah Tropis Ini Bukan Sekadar Lezat, Tapi Juga Obat

Terkini

Topik Populer

Iklan