Iklan

Iklan

Cegah Erosi, Kodim 1010/Tapin Kolaborasi dengan PT. BRE Hijaukan Bantaran Sungai

BERITA PEMBARUAN
09 Desember 2023, 20:25 WIB Last Updated 2023-12-09T13:25:51Z
Dandim Tapin bersama jajaran PT.BRE saat tanami pohon di Bantaran Sungai Pikuk Desa Bramban Kecamatan Piani, Sabtu 9 Desember 2023.(foto: ist)


RANTAU - Guna menghijaukan kembali kawasan kritis, Kodim 1010/Tapin bersama PT. BRE dan Forkopimcam beserta warga masyarakat lakukan aksi penanaman pohon di Kecamatan Paini, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Jumat (8/12/2023).


Dandim 1010/Tapin Letkol Arh Pryoni Palebangan, S.I.P., menyampaikan, aksi penanaman pohon ini dilaksanakan serentak dalam rangka Bhakti Karya.


"Untuk lokasi penanaman, di sepanjang bantaran Sungai Pikuk Desa Bramban Kecamatan Piani. Ada 150 pohon berbagai jenis yang kita tanam," ujarnya.


Menurutnya, tujuan dan sasaran lain menanam pohon di bantaran sungai ini, guna mencegah erosi dan resapan air sebagai upaya antisipasi dini bencana banjir dan tanah longsor.


Ia menyampaikan, aksi tanam pohon itu juga melibatkan anak-anak sekolah dengan tujuan untuk mengedukasi mereka tentang pentingnya menjaga lingkungan di antaranya tanam pohon.


Sementara Perwakilan PT. BRE Divisi CSR, Tofan mengatakan, sebagai wujud partisipasi perusahaan (PT. BRE) dalam rangka menjaga lingkungan, pihaknya berkontribusi melakukan penghijauan dengan menanam pohon kolaborasi bersama Kodim 1010/Tapin, masyarakat, Forkopimcam dan anak-anak Sekolah Menengah Atas (SMA) 1 Piani.


"Jenis pohon yang ditanam antara lain, trambesi, mahoni, kemiri, jambu mente dan lainnya," sebutnya.


Disampaikannya, aksi tanam pohon di bantaran Sungai Pikuk sekarang ini, di luar program penghijauan seluas 27 hektare yang sudah dilakukan MoU bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Tapin.


Ditempat yang sama, Camat Paini, Arie Widjaya mengapresiasi dan menyambut baik aksi penghijauan dengan menanam pohon di bantaran Sungai Pikuk Desa Bramban wilayahnya tersebut.


"Semoga aksi menghijaukan kembali lahan kritis di Kecamatan Piani ini manfaatnya dirasakan secara umum masyarakat Kabupaten Tapin khususnya warga Kecamatan Piani," ujar Arie.(ron)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Cegah Erosi, Kodim 1010/Tapin Kolaborasi dengan PT. BRE Hijaukan Bantaran Sungai

Terkini

Topik Populer

Iklan