Iklan

Iklan

Ketua DPD KNPI Jabar: Persentase Angka Golput dan Transaksional Berasal dari Pemuda

BERITA PEMBARUAN
28 Desember 2023, 16:18 WIB Last Updated 2023-12-28T09:26:41Z
Prof Fauzan saat Keynote Speaker Prof. Dr. Fauzan Ali Rasyid, M.S.I., di acara simposium yang digelar DPD KNPI Karawang di Aula Husni Hamid, Kamis 28 Desember 2023.(foto: mu)


KARAWANG - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) DPD Karawang menggelar Simposium Pemuda dan Deklarasi Pemilu Damai 2024 di Aula Husni Hamid Pemda Karawang, Jawa Barat, Kamis 28 Desember 2023.


Acara yang dihadiri oleh seluruh Pengurus KNPI tingkat DPD, DPK, Pimpinan Organisasi Kepemudaan (OKP), serta tamu undangan lainnya bertujuan untuk meningkatkan kesadaran politik pemuda dan mengatasi angka golput yang signifikan.


Ketua KNPI Jabar, diwakili oleh Ikhwanudin selaku Ketua Harian KNPI Jabar, menyampaikan sambutannya dengan menyoroti tingginya angka golput dan transaksional pada setiap hajatan demokrasi pileg yang didominasi oleh pemuda. 


"Data ilmiah menunjukkan bahwa 52 persen angka golput dan transaksional berasal dari pemuda," ujar Ikhwanudin.


Acara juga dihadiri oleh perwakilan Forkopimda, Ketua KPU, dan Bawaslu Karawang, menunjukkan dukungan dari berbagai pihak terhadap partisipasi pemuda dalam proses demokrasi. Keynote Speaker Prof. Dr. Fauzan Ali Rasyid, M.Si, menyampaikan harapannya agar setiap Pemilu dijadikan sebagai ajang pembelajaran dan pendidikan politik bagi pemuda.


"Saya berharap setiap Pemilu dijadikan sebagai hubungan sosial di tengah masyarakat dalam setiap sosialisasi politik, karena kehidupan kita tidak bisa lepas dari keputusan politik," ungkap Prof. Fauzan Ali Rasyid. 


Ia menambahkan bahwa politik, dalam literasi, adalah kebebasan, diartikan sebagai kebebasan dalam menentukan sikap dalam pilihan.


Acara ditutup dengan pembacaan Deklarasi Pemilu Damai 2024 dan penandatanganan oleh perwakilan pengurus KNPI DPD Karawang, KNPI Jawa Barat, perwakilan Forkopimda, Ketua KPU, dan Bawaslu Karawang, menciptakan komitmen bersama untuk mewujudkan Pemilu 2024 yang damai dan melibatkan partisipasi aktif dari pemuda Karawang.(mu).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ketua DPD KNPI Jabar: Persentase Angka Golput dan Transaksional Berasal dari Pemuda

Terkini

Topik Populer

Iklan