Iklan

Iklan

Sebanyak 13 Puskesmas di Tapin Ikuti Reakreditasi LPA KMKP

BERITA PEMBARUAN
13 Desember 2023, 13:51 WIB Last Updated 2023-12-13T06:51:35Z
Kabid Pelayanan Kesehatan dan SDK Dinkes Tapin Isro Antarikso (kanan berdiri) saat memberikan sambutan terkait re-akreditasi di Rantau, Rabu 13 Desember 2023 (foto: ist)


RANTAU - Sebanyak 13 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Tapin, lakukan re-kreditasi yang sudah berlangsung sejak November 2023 lalu.


Kepala Bidang Pelayanan dan SDK Dinas Kesehatan Tapin, Isro Antarikso, S.K.M., M.Kes., menyampaikan, re-akreditasi ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat.


"Total ada 13 Puskesmas se-Kabupaten Tapin yang melaksanakan re-akreditasi. Dan sepuluh di antaranya beberapa hari kemarin sudah selesai mengikuti," ungkapnya, Rabu (13/12/2023).


Dikatakan Isro, sementara tiga puskesmas lainnya, yakni Puskesmas Candi Laras Utara, Hatungun dan Binuang masih berlangsung penilaiannya hingga besok.


Isro mengatakan, penilaian akreditasi tersebut dilaksanakan tiap lima tahun sekali. Akreditasi pertama dilakukan pada tahun 2018 lalu dan tahun 2023 saat ini merupakan re-akreditasi.


Dijelaskannya, regulasi yang mengatur tentang akreditasi pusat kesehatan masyarakat (pukesmas), klinik, atau pelayanan kesehatan lainnya ini diatur pada Peraturan Menteri Kesehatan RI (PMK) nomor 34 tahun 2022.


"Jika puskesmas, klinik atau pelayanan kesehatan lainnya tidak mengikuti akreditasi, maka tidak bisa melayani pasien BPJS," sebutnya.


Disampaikannya, penilaian akreditasi sendiri dilakukan oleh tim independen antara lain lembaga penyelenggara akreditasi (LPA) dan puskesmas di Tapin memilih bekerja sama dengan LPA Komite Mutu Kesehatan Primer (KMKP).


Ia berharap, re-akreditasi ini menjadi momentum bagi seluruh puskesmas  di Kabupaten Tapin untuk mendapatkan penilaian paripurna, guna menjawab tantangan terkait pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang sesuai SOP.


"Poin pentingnya adalah bagaimana puskesmas-puskesmas di Tapin ini dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat dan sesuai standar operasional prosedur (SOP)," harap Isro Antarikso.


Menurutnya, dengan mengikuti re-akreditasi ini, puskesmas-puskesmas dapat meningkatkan mutu pelayanan, karena memiliki acuan atau standar pelayanan kesehatan dan outputnya bisa menjamin keselamatan pasien.(ron)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Sebanyak 13 Puskesmas di Tapin Ikuti Reakreditasi LPA KMKP

Terkini

Topik Populer

Iklan