Iklan

Iklan

Diduga Berbuat Curang, KPU Karawang Nonaktifkan Dua Anggota PPK Pakisjaya

BERITA PEMBARUAN
28 Februari 2024, 19:59 WIB Last Updated 2024-02-28T12:59:24Z
Ketua KPU Karawang Mari Fitriana (tengah).(foto: ist)


KARAWANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang mengambil tindakan tegas dengan nonaktifkan dua anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pakisjaya setelah terjadi polemik selama proses rekapitulasi perhitungan suara Pemilu 2024 di wilayah tersebut.


Ketua KPU Karawang, Mari Fitriana, mengungkapkan bahwa pihaknya telah memanggil jajaran PPK Pakisjaya untuk dimintai klarifikasi terkait polemik tersebut. 


Hasil klarifikasi menunjukkan bahwa dua anggota PPK Pakisjaya mengakui melakukan perubahan suara terhadap calon legislatif (caleg) tertentu.


"Setelah klarifikasi, kami memutuskan nonaktifkan dua orang, yaitu ketua dan divisi parmas PPK Pakisjaya," ujar Mari pada Rabu, 28 Februari 2024. 


Keputusan ini telah tertuang dalam Surat Ketetapan (SK) KPU Kabupaten Karawang Nomor 1.204.


Penonaktifan tersebut juga merujuk pada Keputusan KPU RI Nomor 337/HK.06.2-Kpt/01/KPU/VII/2020 tentang Pedoman Teknis Penanganan Pelanggaran Kode Etik, Kode Perilaku, Sumpah/janji, Dan/Atau Pakta Integritas Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan, Panitia Pemungutan Suara, dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara.


Mari menjelaskan, bahwa proses selanjutnya akan melibatkan tim pemeriksa untuk menyelenggarakan sidang kode etik bagi dua anggota PPK tersebut guna pendalaman dan penanganan lebih lanjut.


Kepada jajaran PPK lainnya, Mari menegaskan agar tidak melakukan kesalahan serupa dengan PPK Pakisjaya. KPU Karawang berkomitmen untuk bertindak tegas sesuai prosedur yang berlaku jika kasus serupa terulang.


"Permasalahan seperti ini tentu KPU tidak akan tinggal diam, dan kami akan bertindak tegas sesuai dengan prosedur yang berlaku," tegasnya. (bdg)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Diduga Berbuat Curang, KPU Karawang Nonaktifkan Dua Anggota PPK Pakisjaya

Terkini

Topik Populer

Iklan