Iklan

Iklan

Mahasiswa Kristen Demo di Depan Kantor Pemda Karawang

BERITA PEMBARUAN
02 Maret 2024, 18:43 WIB Last Updated 2024-03-02T11:43:33Z
Ketua GMKI Karawang Irwancis Siringoringo.(foto: ist)


KARAWANG - GMKI Karawang melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Pemerintah Daerah Karawang, pada Jumat (01/03/2024). Aksi ini dilakukan terkait adanya dugaan kasus tindak pidana korupsi.


“Korupsi adalah musuh bersama di tanah air kita ini. Yang harus dimusnahkan dari Indonesia,” kata Irwancis Siringoringo, Ketua GMKI Karawang.


Beberapa tahun terakhir, kata dia, kerap terjadi kasus korupsi di Karawang. Dan baru-baru ini Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat (Jabar) memanggil Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karawang, Acep Jamhuri karena diduga kasus korupsi. Alasan itulah GMKI Karawang menggelar aksi ini.


Dalam aksi tersebut, GMKI Karawang menyatakan sikap dan berikut pernyataan tuntutan. 


Pertama, mendesak Pemerintah Kabupaten Karawang untuk secara transparan membuka seluruh data-data yang diperlukan pihak Kejati dalam proses penyelidikan dugaan tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh beberapa Pejabat Pemerintah Kabupaten Karawang .


Kedua, mendesak Pemerintah Kabupaten Karawang untuk menyampaikan permintaan maaf kepada seluruh masyarakat Karawang atas kegaduhan yang muncul di berbagai media massa, terlepas dari terbukti atau tidaknya dugaan tindak pidana korupsi tersebut.


Kemudian ketiga, mendesak dan meminta seluruh elemen penegak hukum di Kabupaten Karawang seperti Kejaksaan Negeri Karawang dan Kepolisian Resort Karawang untuk membantu proses penegakan hukum dugaan tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh pejabat Pemerintah Kabupaten Karawang.


Keempat, mendesak dan meminta kepada pejabat yang berwenang untuk segera memecat Pejabat Kabupaten Karawang, termasuk Sekda Kabupaten Karawang apabila nantinya terbukti secara sah telah melakukan tindak pidana korupsi.


Dan kelima, meminta kepada Kejati untuk menindaklanjuti proses pemeriksaan Sekda Karawang atas dugaan tindak pidana korupsi.


"GMKI akan terus turun ke jalan melakukan aksi sampai tuntutan ini direalisasikan," tegas Irwancis Siringoringo, sebagaimana disampaikan kepada media ini, Sabtu (02/03/2024).[*/Ari]

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Mahasiswa Kristen Demo di Depan Kantor Pemda Karawang

Terkini

Topik Populer

Iklan