Iklan

Iklan

Puluhan Hektar Kopi Tumbuh Subur di Desa Asam Randah di Kecamatan Hatungun Tapin

BERITA PEMBARUAN
26 Oktober 2021, 23:31 WIB Last Updated 2021-10-26T16:31:04Z
Puluhan hektar kopi tumbuh subur di Desa Asam Randah Kecamatan Hatungun Kabupaten Tapin, Kalsel (foto:ist)


RANTAU - Kopi merupakan tanaman yang sangat dikenal negeri kita. Apalagi saat ini di berbagai daerah, kedai kopi sudah begitu melekat dan sangat familiar dari semua kalangan, baik itu kalangan milenial hingga yang sudah berusia lanjut.


Di Desa Asam Randah Kecamatan Hatungun Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan puluhan hektar kopi jenis Arabika dan Robusta tumbuh subur.


Seperti dikatakan Ketua Kelompok Tani Baru Muncul Desa Asam Randah Hartanto, bahwa kopi-kopi ini ditanam kebanyakan pada era 1990an. Dan ada juga beberapa yang baru ditanam, sekarang sudah berbuah. Kalau tanaman kopi jenis arabika dan robusta ini totalnya sekitar 20 hektar lebih.


"Setiap bulan Agustus - September warga memanen kopi. Sedangkan saat ini untuk harga kopi jenis Robusta, harga berkisar Rp. 80 ribu per 10 kg sedangkan arabika Rp 125 ribu per 10 kg," ujar Hartanto.


Menurut Hartanto biasanya ada yang datang langsung ke sini untuk beli kopi. Dan sebelum dijual kopi itu dikeringkan terlebih dahulu, dengan melihat trend kopi seperti sekarang juga melihat potensi daerahnya. Kata Hartanto, usaha tani kopi yang awalnya hanya sampingan saja, namun saat ini perlu diseriusi. 


"Kita perlu pendampingan, misalnya ada program penanaman, perawatan, dan paska panen. Di sini kalau panen asal petik habis itu dikeringkan lalu dijual," ujar Ketua BUMDes itu. 


Desa Asam Randah salah satu wilayah dataran tinggi di Kecamatan Hatungun itu merupakan wilayah fungsional pertanian di Tapin. Dan saat ini daerah tersebut diwacanakan sebagai wilayah sentral rempah. 


"Selain kopi, di wilayah Hatungun itu juga ada jenis rempah seperti jahe merah dan kencur," tandasnya(ron)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Puluhan Hektar Kopi Tumbuh Subur di Desa Asam Randah di Kecamatan Hatungun Tapin

Terkini

Topik Populer

Iklan