Iklan

Iklan

Pemkab Tapin Berikan Penghargaan Penyuluh dan Insan Pertanian Terbaik 2021

BERITA PEMBARUAN
01 November 2021, 22:27 WIB Last Updated 2021-11-01T15:27:00Z
Wakil Bupati Tapin H.Syafrudin Noor saat berikan apresiasi kepada pemenang penyuluhan pertanian di Ball Room Grand  Hotel Dafam Syariah Banjarbaru, Senin (1/11/21)+foto:ist)


BANJARBARU - Setelah sekian lama tak muncul dihadapan awak media Wakil Bupati Tapin H Syafrudin Noor hadiri acara Pemberian Penghargaan kepada Pemenang Lomba Penyuluhan Pertanian dan Perwakilan Insan Pertanian Berprestasi tahun 2021 bertempat di Ball Room Grand Hotel Dafam Syariah Banjarbaru Kalimantan Selatan, Senin (1/11/21).


Acara Apresiasi Penyuluhan tahun 2021 dengan tema 'Bersama Penyuluh dan Insan Pertanian Tangguh Kita Wujudkan Kabupaten Tapin Menjadi Lumbung Padi Nasional' digelar Dinas Pertanian Tapin, selain dihadiri Wakil Bupati Tapin H Syafrudin Noor bersama Kepala Dinas Pertanian Tapin Wagimin S.P., juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Provinsi Kalsel Syamsir Rahman.


Wakil Bupati Tapin H Syafrudin Noor mengatakan, sebagai bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten Tapin terhadap Penyuluh dan Insan Pertanian terbaik maka dari itu Pemkab Tapin memberikan penghargaan atau Apresiasi Penyuluhan Tahun 2021.


"Dari penyuluh inilah para petani mendapatkan bimbingan dan arahan dalam hal bertani khususnya penanaman padi," ungkapnya.


Syafrudin Noor lebih lanjut mengatakan, jumlah penyuluh di Kabupaten Tapin saat ini sebanyak 86 orang, sedangkan idealnya atau penyuluh yang dibutuhkan sebanyak 135 orang untuk menghandle para petani yang ada di 126 desa yang ada di Tapin.


"Untuk hal itu Pemkab Tapin akan berkirim surat kepada Menpan RB Republik Indonesia yang meminta agar formasi penyuluh bidang Pertanian di Tapin ini ditambah sesuai kebutuhan," terangnya.


Wakil Bupati Tapin H Syafrudin Noor menjelaskan, bahwa di Kabupaten Tapin mendapatkan surplus beras sebanyak 50 ribu ton setiap tahunnya.


"Kita patut bersyukur karena di Tapin selalu mendapat surplus beras sebanyak 50 ribu ton itu setiap tahun," ujarnya.


Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tapin Wagimin S.P., mengatakan, apresiasi penyuluhan ini sebagai bentuk penghargaan atau reward kepada para penyuluh yang berprestasi, khususnya untuk mensupport para penyuluh yang ada di Kabupaten Tapin dalam rangka meningkatkan dedikasi dan kinerjanya seluruh penyuluh di Tapin.


"Oleh karena itu pentingnya apresiasi seperti ini dilakukan, karena itu juga akan mengeratkan silaturahmi antar penyuluh di pedesaan bertemu dengan kelompok tani, dan penyuluh swadaya, baik yang PNS maupun penyuluh P3K yang ada di Tapin," tuturnya.


Wagimin SP mengharapkan, dengan berkumpulnya para penyuluh pertanian ini, selain dapat menambah wawasan, juga kedepan dapat mempertahankan serta lebih meningkatkan produksi pangan di Kabupaten Tapin.


"Alhamdulillah para penyuluh pertanian kita cukup baik bahkan handal dan mereka mampu membimbing para petani tanpa pamrih sehingga hasilnya dapat kita lihat dan kita rasakan," tandasnya.(ron)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemkab Tapin Berikan Penghargaan Penyuluh dan Insan Pertanian Terbaik 2021

Terkini

Topik Populer

Iklan