Iklan

Iklan

Tingkatkan Minat Baca Warga Binaan, Perpustakaan Tapin Rutin Kunjungi Rutan

BERITA PEMBARUAN
25 Januari 2022, 22:59 WIB Last Updated 2022-01-25T15:59:29Z
Pustakawan Kabupaten Tapin saat kunjungi Rutan Kelas IIB Rantau, Selasa (25/1/22)(foto:ist)


RANTAU - Guna meningkatkan minat baca Warga Binaan, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Rantau, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tapin rutin mengunjungi Rutan tersebut.


Pustakawan Kabupaten Tapin Estiaten Johan menjelaskan, program 'sirkulasi buku' dengan Rutan Rantau sudah dilakukan sejak 2019 lalu. 


"Setiap tiga atau enam bulan sekali buku di perpustakaan Rutan Rantau disirkulasi," kata Pustakawan Estiaten, Senin (24/1/22) saat menyerahkan buku ke Rutan. 


Lanjutnya, pertukaran buku terjadwal itu dimaksudkan untuk menambah wawasan warga binaan dan menambah koleksi buku milik perpustakaan Rutan Rantau. 


"Setiap sirkulasi ada 150 buah buku. Jenisnya beragam, misalnya buku keagamaan, keterampilan, sejarah dan lainnya," terangnya. 


Diketahui buku- buku itu didapatkan dari Perpustakaan Umum Harapan Cerdas milik Pemerintah Daerah. 


Sementara itu menurut Kepala Rutan Rantau Andi Hasyim mengungkapkan, sejak adanya program itu, sekarang tingkat minat baca warga binaan bertambah. 


"Rata rata ada 40 kunjungan setiap harinya. Jadwal perpustakaan hari Jum'at dan Sabtu. Ke depan akan dijadwalkan setiap hari kerja," ujar Kepala Rutan Rantau yang menjabat akhir 2020 lalu itu. 


Kemudian, dari empat puluh orang rata-rata kunjungan itu tidak jarang warga binaan meminjam buku-buku untuk dibawa ke dalam kamar hunian. 


"Sekarang ada 323 warga binaan yang menghuni di sini," ujar Andi Hasyim. 


Andi berharap, kerjasama baik dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tapin dapat berjalan lama, serta bermanfaat untuk warga binaan.(ron)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tingkatkan Minat Baca Warga Binaan, Perpustakaan Tapin Rutin Kunjungi Rutan

Terkini

Topik Populer

Iklan