Iklan

Iklan

Jemput Bola, BIN Kalsel Gelar Vaksinasi Malam di Masjid Hajjah Nuriyah

BERITA PEMBARUAN
09 April 2022, 14:49 WIB Last Updated 2022-04-09T07:49:16Z
Warga usai divaksin diberikan paket petugas BIN Kalsel, Jumat 8 April 2022 malam (foto: 8st)


BANJARBARU - Momentum bulan Ramadan tahun ini dipastikan sangat berbeda dengan kondisi dua tahun sebelumnya. Tahun ini pemerintah memberikan kelonggaran dalam melaksanakan kegiatan ibadah, khususnya bagi daerah yang kondisi kasus Covid-19 aktifnya rendah dan capaian vaksinasinya sudah tinggi.


Hal ini menjadi perhatian khusus Badan Intelijen Negara sebagai salah satu lembaga yang ditugaskan Presiden Joko Widodo untuk mempercepat laju vaksinasi. 


Menindaklanjuti hal ini, BIN Daerah Kalsel terus melancarkan vaksinasi jemput bola dengan menggelarnya di masijd pada malam hari.


Kali ini BIN Daerah Kalsel berkolaborasi dengan Pengurus Masjid Hajjah Nuriyah Kota Banjarbaru dalam rangka melaksanakan vaksinasi malam di masjid. Kegiatan ini menyasar jamaah Shalat Tarwih di masjid tersebut, yang jumlahnya mencapai 500 orang, Jumat 8 April 2022.


Kepala BIN Daerah Kalsel Brigjen Pol. Dr. Heri Armanto, S.H., M.Si. menjelaskan, program ini menyesuaikan pola interaksi sosial dan kegiatan masyarakat selama bulan puasa, sesuai dengan perintah Presiden Joko Widodo dan Kepala BIN Jend Pol. (Purn) Prof. Budi Gunawan.


“Pada prinsipnya BIN Daerah Kalsel melakukan jemput bola, dimana pada bulan Ramaan interaksi sosial dan kegiatan masyarakat lebih banyak dilakukan di masjid pada malam hari, sehingga Tim Vaksinasi BIN Daerah Kalsel mengikuti pola tersebut dengan melaksanakan Vaksinasi Covid-19 malam hari di masjid,” terang Heri.


Kemudian kata Heri, kegiatan vaksinasi di masjid diharapkan dapat menunjukkan bahwa vaksinasi Covid-19 tidak menghalangi aktivitas dan ibadah masyarakat selama bulan puasa. Brigjen Heri mengimbau kepada masyarakat untuk tidak perlu khawatir mengikuti kegiatan vaksinasi karena sudah hukumnya dibolehkan berdasarkan Fatwa MUI.


“Berdasarkan Fatwa MUI Nomor 13 Tahun 2021, vaksinasi Covid-19 yang metodenya injeksi intramuskular atau melalui otot ini tidak membatalkan puasa,” jelas Heri.


Untuk diketahui, BIN Daerah Kalsel merencanakan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 selama bulan April 2022 ini dengan target sebanyak 180.000 dosis yang sasarannya diutamakan kepada masyarakat rentan, seperti Lansia dan Anak usia 6-11 tahun, serta masyarakat umum, baik untuk dosis-1, dosis-2 maupun dosis booster.(rls/ron)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Jemput Bola, BIN Kalsel Gelar Vaksinasi Malam di Masjid Hajjah Nuriyah

Terkini

Topik Populer

Iklan