Iklan

Iklan

BPDB Karawang Lakukan Sosialisasi dan Simulasi Mitigasi Bencana Alam

BERITA PEMBARUAN
04 Agustus 2022, 19:42 WIB Last Updated 2022-08-04T22:06:12Z

Narasumber dari BPBD Kabupaten Karawang sedang memberikan materi penanggulangan bencana. 

KARAWANG - Sosialisasi dan simulasi mitigasi bencana alam Se-Kecamatan Pangkalan dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang Provinsi Jawa Barat di Aula Pangrango Resort dan Waterpark Kampung Turis, Kamis 4 Agustus 2022.


Acara diikuti oleh perwakilan aparat desa Se-Kecamatan Pangkalan dan sebagai narasumber yaitu Irawan S.Pd., M.Pd., Satgas Bencana BPBD Kabupaten Karawang dan Setiawan Satgas BPBD Kecamatan Pangkalan.


Irawan menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dimaksudkan untuk memitigasi bencana disetiap desa, dan memberikan pembekalan kepada para aparat desa untuk tanggap dan cerdas dalam menghadapi bencana yang mungkin terjadi.


"Hal-hal apa saja yang harus diantisipasi dan dipersiapkan dalam menghadapi potensi bencana, baik sebelum, ketika bencana dan penanganan pasca bencana, salah satunya misal menyelamatkan dokumen-dokumen penting seperti KTP, KK, ijazah, Sertifikat Tanah dan lain-lain, penyedia Jalur evakuasi, tempat evakuasi, dapur umum, dan lain sebagainya," papar Irawan. 


Irawan melanjutkan, setelah kegiatan ini diharapkan aparat desa mensosialisasikan kepada warga di desanya agar tanggap dan cerdas dalam menghadapi bencana. 


Satgas BPBD Kecamatan Pangkalan, Setiawan menjelaskan, untuk Kecamatan Pangkalan sendiri bencana yang kerap terjadi antara lain banjir limpasan, longsor dan kebakaran, karena itu perlu perhatian yang serius dan ketersedian sarana pendukung tanggap bencana.


"Perahu karet dan sekoci diperlukan untuk melengkapi mobil damkar yang sudah tersedia di Pos Damkar Pangkalan Tegalwaru. Hal tersebut mendesak untuk diadakan dan menjadi salah satu usulan," terang Setiawan. (Ade) 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • BPDB Karawang Lakukan Sosialisasi dan Simulasi Mitigasi Bencana Alam

Terkini

Topik Populer

Iklan