Iklan

Iklan

Ritual Khas Dayak Kalakangmantit Bakal Meriahkan BUMDes Expo di Duta Mall Banjarmasin

BERITA PEMBARUAN
04 Agustus 2022, 18:31 WIB Last Updated 2022-08-04T11:34:15Z
Prosesi ritual khas Dayak Kabupaten Tapin Kalakangmantit bakal tampil di BUMDes Expo di Duta Mall Banjarmasin, Kalsel tanggal 6-7 Agustus 2022.(foto:ist)
 

RANTAU - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Kalimantan Selatan, bakal menggelar BUMDes Expo di Duta Mall Banjarmasin pada tanggal 6-7 Agustus 2022.


Salah satu yang mengikuti Expo tersebut berasal dari Kabupaten Tapin yang bakal menampilkan Ritual Kalakangmantit.


Diketahui, Ritual Kalakangmantit merupakan salah satu kebudayaan khas Dayak Mancabung di Kecamatan Piani, Kabupaten Tapin.


Tokoh Pemuda Dayak Mancabung, Hendra Gunawan mengatakan, bahwa diikutsertakan kebudayaan Dayak Mencabung sangat bagus untuk memperkenalkan kebudayaan khas Dayak di Tapin.


"Kegiatannya di Duta Mall, jadi sangat bagus. Karena akan ditonton banyak orang dan bisa kenal lebih luas," ujar Ogun sapaan akrabnya, Selasa (2/8) lalu.


Menurut Ogun bahwa ritual Kalakangmantik Dayak Mancabung adalah prosesi upacara adat dayak sebelum dimulainya Aruh Ganal atau Aruh Adat Dayak, khususnya di lereng Pegunungan Meratus yang ada di Kecamatan Piani, Kabupaten Tapin.


"Ritual ini juga biasa digunakan dalam membuka acara-acara besar, di mana dalam prosesi Kalangkangmantik ini para Balian," terangnya.


"Di mana Pinjulang Bamamang membacakan doa-doa memohon kepada Sanghiyang Batara atau Tuhan Yang Maha Esa agar prosesi acara selama kegiatan berjalan dengan Lancar Tanpa Ada Halangan," imbuhnya.


Kemudian mantit merupakan nama burung yang dipercaya sebagai penghubung atau pemberi tanda kabar baik maupun buruk.


"Apabila mantit terbang dari arah kiri ke kanan. Maka itu pertanda baik," terangnya.


Selanjutnya Ogun berharap, dengan diikutkannya kegiatan tersebut bisa sekaligus memperkenalkan budaya Dayak yang ada di Kabupaten Tapin.


"Semoga kegiatan itu nantinya bisa berjalan dengan lancar dan meriah. Jadi sekaligus memperkenalkan budaya kita dan menarik wisatawan nantinya," ujarnya berharap.(ron)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ritual Khas Dayak Kalakangmantit Bakal Meriahkan BUMDes Expo di Duta Mall Banjarmasin

Terkini

Topik Populer

Iklan