Iklan

Iklan

Sopir Angkot Mogok, Polisi Sigap Berikan Pelayanan Transportasi bagi Warga

BERITA PEMBARUAN
05 September 2022, 13:25 WIB Last Updated 2022-09-05T06:25:19Z
Personel Kepolisian Resor Purwakarta memberikan pelayanan truk angkutan personelnya bagi para pengguna angkutan yang saat ini para sopirnya mogok, 5 September 2022.(foto:ist)


PURWAKARTA - Dampak dari kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Sabtu (2/9/22) kemarin, sopir angkutan umum yang beroperasi di Kabupaten Purwakarta melakukan aksi mogok massal, Senin 5 September 2022.


Aksi yang digelar sopir angkot itu menuntut adanya kenaikan tarif angkutan umum usai pemerintah menaikan harga BBM. Imbas dari aksi mogok massal sopir angkot di Purwakarta membuat warga pengguna jasa angkutan ini kesulitan. Warga menumpuk dan telantar di pinggir jalan, lantaran diturunkan para sopir angkot. 


Melihat banyak penumpang yang terlantar, pihak Kepolisian Resor (Polres) Purwakarta pun menurunkan kendaraan operasionalnya. Polisi menyiagakan beberapa unit mobil polisi untuk mengangkut para penumpang.


Salah satunya tampak di simpang Jalan Veteran, kelurahan Ciseureuh tepatnya di depan kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Purwakarta. Selain beberapa mobil, puluhan petugas kepolisian berjaga di kawasan tersebut.


"Untuk mengantisipasi agar penumpang tidak telantar, kami sudah siapkan mobil polisi untuk mengangkut masyarakat," ungkap Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain.


Menurut Edwar, petugas sudah menyiapkan tujuh kendaraan untuk mengangkut warga. Kendaraan ini nantinya akan menyebar ke sejumlah tempat seperti terminal dan tempat keramaian.


"Para personil kepolisian membantu mengantarkan masyarakat ke lokasi tujuan agar bisa menjalankan aktivitas seperti biasa. Kendaraan bantuan ini diharapkan tidak ada warga yang terlantar di jalan,” terang Edwar. 


Disebutkan Edwar, meski tidak ada persiapan khusus mengenai pengamanan aksi mogok para sopir angkot, namun pihak kepolisian berupaya menjalankan peran untuk memberi pelayanan kepada masyarakat meski dengan sarana transportasi seadanya.


"Meskipun menggunakan sarana transportasi seadanya, seperti kendaraan patroli maupun truk pengangkut personel, upaya membantu masyarakat khususnya yang biasa beraktivitas dengan mobil angkutan umum merupakan salah satu bentuk peran pihak kepolisian memberi pelayanan kepada masyarakat," tuturnya.


Selanjutnya kata Edwar menambahkan, para personel yang siaga di ruas jalan itu merupakan personel jajaran Polsek maupun Polres Purwakarta. Kemudian dibantu personel TNI, Dishub dan Satpol PP yang ditugaskan untuk membantu mengangkut penumpang terlantar, dengan kendaraan patroli Polisi di wilayahnya masing-masing. 


"Tidak hanya menyangkut penegakan hukum, polisi juga memiliki tugas memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam hal apapun. Terlebih pada kondisi-kondisi tertentu seperti saat sopir angkutan umum mogok ini, kita juga punya kewajiban mengatasi dampak yang dirasakan masyarakat," sebut AKBP Edwar Zulkarnain.(rls/red)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Sopir Angkot Mogok, Polisi Sigap Berikan Pelayanan Transportasi bagi Warga

Terkini

Topik Populer

Iklan