Iklan

Iklan

Wagub Kalsel Bersama Ribuan Jamaah dari Berbagai Daerah Hadiri Baayun Maulid

BERITA PEMBARUAN
08 Oktober 2022, 22:48 WIB Last Updated 2022-10-08T15:48:54Z
Wagub Kalsel H.Muhidin bersama Bupati Kabupaten Tapin hadiri acara Baayun Maulid di Masjid Keramat Desa Banyak Halat Kabupaten bTaoin Kalsel, Sabtu 8 Oktober 2022 malam (foto:ist)


RANTAU - Bupati Tapin H.M. Arifin Arpan bersama Wakil Gubernur Kalsel H Muhidin dan Pj. Sekda Syamsir Rahman serta Forkopimda hadiri Baayun Maulid di Masjid Al -Mukaromah atau Masjid Keramat Desa Banua Halat Kecamatan Tapin Utara Kabupaten Tapin Kalsel, Sabtu 8 Oktober 2022.


Pantauan, meski gerimis sempat turun namun masyarakat Tapin maupun yang datang dari luar Provinsi Kalsel tetap antusias untuk mengikuti tradisi tahunan Baayun Maulid yang baru digelar kembali pada tahun ini sejak dua tahun terkahir ditiadakan paska Pandemi Covid-19 melanda.


Tampak terlihat belasan ribu orang datang dari berbagai daerah, baik menjadi peserta yang diayun bersama keluarga, maupun masyarakat yang hanya sekedar ingin melihat langsung. Bahkan untuk mendapat berkah.


"Seperti biasa pesertanya hampir lima ribuan, untuk selanjutnya yang masih kurang akan terus kita benahi terutama parkir," ujar Bupati Tapin HM Arifin Arpan di lokasi Baayun Maulid.


Di tahun depan kata Arifin Arpan, kita akan bantu untuk membenahi setiap kekurangannya. Namun secara keseluruhan acara tahunan yang digelar dalam memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW pada tiap 12 Rabiul Awal 1444 hijriah ini berjalan dengan baik dan lancar.


Sementara Wakil Gubernur Kalsel H Muhidin mengatakan, sebagai putra daerah yang lahir di Kabupaten Tapin merasa bangga dengan banyak terdapat tradisi dan budaya yang ada dan masih dilestarikan masyarakat, salah satunya Baayun Maulid.


"Insya Allah untuk tahun depan saya berjanji akan menyiapkan door prize bagi peserta atau pengunjung agar dapat lebih meriah lagi," ujarnya.


Menurut H Muhidin, banyak sisi positif dari gelaran Baayun Maulid di Desa Banua Halat seperti ini. Selain menjadi ciri khas tradisi asli daerah juga bisa meningkatkan perekonomian warga sekitar saat gelaran berlangsung.


Di lokasi, Kapolres Tapin AKBP Ernesto Saiser menyampaikan, sebanyak sembilan ratus personel gabungan diterjunkan untuk mengamankan acara tersebut yang terdiri dari Polres Tapin, Kodim 1010/Tapin, Satpol PP dan Damkar, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, BPBD dan Tim Relawan.


"Dari awal hingga selesai kegiatan Baayun Maulid semua kondusif dapat berjalan aman dan lancar," jelasnya.


Ketua Panitia Abdul Halim mengatakan, total peserta yang ikut Baayun Maulid sebanyak 4.481 orang namun jumlah pengunjung yang hadir diperkirakan mencapai kurang lebih 15 ribu orang.


Menurut Halim, setiap Baayun Maulid digelar di Masjid Al Mukaromah atau Masjid Keramat Desa Banua Halat ini selalu diikuti oleh ribuan orang.


"Kalau untuk tanggal digelarnya setiap tahun sudah dipastikan setiap tanggal 12 Rabiul Awal hitungan hijriah, karena memang acara ini dalam rangka memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Kecuali tanggal tersebut jatuh pada hari Jumat jadi bisa dimajukan atau dimundurkan satu hari pelaksanaannya," terangnya.


Dikatakan Abdul Halim, mayoritas masyarakat yang ikut Baayun Maulid ini karena mereka punya nazar atau hajatnya terkabul. Sehingga peserta itu banyak yang dewasa bahkan orang tua tidak hanya dikhususkan anak balita.(ron)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Wagub Kalsel Bersama Ribuan Jamaah dari Berbagai Daerah Hadiri Baayun Maulid

Terkini

Topik Populer

Iklan