Iklan

Iklan

Bupati Tapin Hadiri Pelantikan PPS se-Kabupaten di Pendopo Galuh Bastari

BERITA PEMBARUAN
25 Januari 2023, 15:15 WIB Last Updated 2023-01-25T08:15:48Z
Bupati Tapin HM Arifin Arpan tanda resmi sebagai anggota PPS pada Pemilu 2024 sesuai pelantikan di Pendopo Galuh Bastari Rantau, Rabu 25 Januari 2023.(foto:ist)


RANTAU - Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilihan Umum 2024 yang baru dilantik, agar bisa menjalankan tugas dan kewajibannya dengan sebaik - baiknya.


Hal itu disampaikan Bupati Tapin HM Arifin Arpan dalam amanatnya saat prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah 405 Anggota PPS kelurahan dan desa se -Kabupaten Tapin di Pendopo Galuh Bastari Rantau Baru, Kalsel, Selasa 24 Januari 2023.


Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah dipimpin langsung oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tapin Henny Hendriyanti bersama Bupati Tapin HM Arifin Arpan beserta Jajaran Forkopimda dan Komisioner KPU Provinsi Kalsel Siswandi serta seluruh camat dan Pimpinan Partai Politik.


Bupati Tapin HM Arifin Arpan mengatakan, Panitia Pemungutan Suara (PPS) merupakan instrumen atau bagian dari KPU yang bertugas membantu semua tahapan penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu) di tingkat desa atau kelurahan.


Untuk itu kata Bupati Tapin dalam amanatnya, berharap kepada seluruh Anggota PPS yang sudah dilantik agar bisa menjalankan tugas dan kewajibannya dengan sebaik-baiknya.


"Sebagai mana kita ketahui, bukan hanya bapak atau ibu di Kabupaten Tapin sendiri yang hari ini dilantik sebagai PPS, namun merupakan tugas secara serentak atau nasional yang wajib dilaksanakan di seluruh Indonesia untuk pemilu 2024 mendatang," ujarnya.


Untuk itu tandas HM Arifin Arpan, sebagai wujud pengabdian terhadap bangsa, kepada anggota PPS harus melaksanakan tugasnya dengan benar, jujur dan adil. Sehingga pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang, berhasil dengan baik sesuai apa yang kita harapkan bersama.


"Kalaupun mungkin ada permasalahan yang terjadi di lapangan, hendaknya bisa dimusyawarahkan bersama dengan KPU selaku institusi penyelenggara. Sehingga permasalahan dapat terselesaikan dengan sebaik - baiknya," pintanya.


Ia berpesan, jika ada kendala atau kesulitan dan permasalahan untuk didiskusikan secara bersama-sama, dan kalau masih tidak mengerti bisa koordinasi dengan KPU.


"Jadi apapun terkait permasalahan muncul pada penyelenggaraan pemilu, kalau kita koordinasikan dengan baik tentunya permasalahan itu dapat di selesaikan dengan sebaik baiknya", sebutnya.


Kita berharap kata Bupati, pelaksanaan pemilu pada tahun 2024 mendatang, khususnya di Kabupaten Tapin dapat bejalan, tertib, aman dan kondusif. Sehingga apa yang dihasilkan dalam pemilu sesuai dengan harapan kita bersama.


"Pada kesempatan ini atas nama Pemerintah Kabupaten Tapin mengucapkan selamat kepada anggota PPS yang telah dilantik untuk bertugas pada pemilu 2024," ucapnya.


Sementara dilaporkan Ketua KPU Kabupaten Tapin Henny Hendriyanti, ada sebanyak 405 orang anggota PPS se Kabupaten Tapin yang hari ini dilantik dan diambil sumpahnya.


Sebanyak 405 orang Anggota PPS yang dilantik dan diambil sumpahnya itu terdiri dari 3 orang dari 126 Desa dan 9 Kelurahan yang tersebar di 12 Kecamatan se -Kabupaten Tapin.


"Masa kerja PPS ini sesuai dengan Surat Keputusan (SK) yakni selama 14 bulan ke depan terhitung mulai hari ini sejak dilantik, dan disambung lagi hingga pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak se -Indonesia nanti.


Adapun tugas pekerjaan PPS kata Henny, akan membentuk pemuktahiran data pemilih. Untuk mendata pemilih dari rumah ke rumah, sehingga menghasilkan data pemilih yang akurat untuk Pemilu 2024 mendatang.


Menurutnya, Anggota PPS yang sudah resmi dilantik selanjutnya akan mengikuti bimbingan teknis dari Komisioner KPU Provinsi Kalsel dan Komisioner KPU Kabupaten Tapin.(ron)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati Tapin Hadiri Pelantikan PPS se-Kabupaten di Pendopo Galuh Bastari

Terkini

Topik Populer

Iklan