Iklan

Iklan

Kapolres Imbau Masyarakat Waspada dan Tak Panik dengan Isu Penculikan Anak

BERITA PEMBARUAN
28 Januari 2023, 11:47 WIB Last Updated 2023-01-28T04:49:16Z
Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho.(foto:ist)


TANGERANG - Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho, mengimbau masyarakat untuk tidak panik menyikapi isu penculikan anak yang marak di berbagai grup WhatsApp, namun harus selalu waspada dan berhati-hati.


Kapolres mengatakan, sehubungan dengan tengah maraknya isu penculikan anak, diimbau masyarakat untuk tidak perlu takut, atau resah berlebihan.


"Jangan mudah percaya sebelum mengetahui faktanya," ungkap Kombes Pol Zain, dalam keterangannya, Jumat (27/1/2023).


Menurutnya, informasi penculikan anak yang beredar tersebut belum diketahui kebenarannya. Apakah kejadiannya baru saja terjadi, bisa saja video lampau, atau memang informasi hoax yang disebarkan secara sengaja oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.


"Dengan itu, masyarakat Kota Tangerang harus cerdas dan bijak membaca dan mencerna berbagai informasi yang beredar. Jangan mudah percaya sebelum mengetahui faktanya. Namun, waspada harus tetap dikedepankan," ujarnya.


Lebih lanjut Kapolres mengatakan, untuk para orang tua sebaiknya memberikan pemahaman terhadap anak, agar tidak mudah terpengaruh terhadap orang yang tidak dikenal.


"Terlebih, saat dihampiri oleh orang yang tak dikenal saat di sekolah ataupun luar rumah," ucap Kapolres.


Kemudian kata Kapolres, bahwa memperketat pengawasan, mencegah lebih baik dengan mengawasi mereka apabila berada di luar rumah.


"Usahakan anak-anak tidak menggunakan barang mewah dan mencolok. Apabila melihat orang yang mencurigakan sebaiknya lapor petugas terdekat," ujarnya.


Kapolres meminta jika ditemukan kejadian-kejadian yang tidak diinginkan, masyarakat Kota Tangerang untuk lebih mengedepankan asas praduga tidak bersalah dan jangan main hakim sendiri.


"Polres Metro Tangerang Kota menyediakan layanan pengaduan yang dapat digunakan masyarakat. Di antarannya, Call Center di 110 dan WhatsApp di 082211110110. Bisa juga ke layanan Pemkot Tangerang di 112 atau layanan LAKSA," sebut Kapolres.(ad)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kapolres Imbau Masyarakat Waspada dan Tak Panik dengan Isu Penculikan Anak

Terkini

Topik Populer

Iklan