Iklan

Iklan

Jaga Ketahanan Pangan, Kapolres dan Muspika Lakukan Ini

BERITA PEMBARUAN
21 Februari 2023, 20:07 WIB Last Updated 2023-02-21T13:07:31Z
Kapolres Belu AKBP Yosep Krisbiyanto saat akan menanam tomat di Lahurus Kebun Tani binaan salah satu anggota Polsek Lasiolat, Belu, Selasa 21 Februari 2023.(foto:Mario)


BELU, NTT - Sedikitnya 35 ribu bibit pohon tomat ditanam secara simbolis oleh Kapolres Belu AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K., bersama jajaran Muspika Kecamatan Lasiolat, Kabupaten Belu, Selasa 21 Februari 2023. 


Penanaman secara simbolis dan perdana ini berlangsung di Lahurus kebun tani binaan salah satu anggota Polsek Lasiolat, Bripka Nasrul Ikhwan Ninong, Desa Fatuluka, Kecamatan Lasiolat, Kabupaten Belu, NTT.


Turut hadir dalam kegiatan penanaman simbolis bibit tomat dan perdana tersebut, Camat Lasiolat, Fabianus Seran, Kapolsek Lasiolat, IPDA Agus Haryono, S.H., beserta anggota, Danramil Raihat 1605 Belu serta Pater Paroki Lahurus.


Pada kesempatan tersebut, Kapolres Belu AKBP Yosep Krisbiyanto, mengatakan, pihaknya secara institusi memberikan apresiasi terhadap anggotanya tengah menjalankan tugasnya sebagai pendamping bisa berjalan dengan baik, demi menjaga ketahanan pangan di tengah resesi yang terjadi di berbagai negara di dunia.


"Saya selalu pimpinan Polres Belu sangat mengapresiasi kegiatan positif yang dilakukan oleh personel kami. Karena dia (Bripka Nasrul) berhasil mengolah lahan tidur menjadi lahan produktif dengan menanam tomat dan juga cabe," ucapnya.


Menurut Kapolres, kegiatan yang dilakukan oleh anggotanya untuk membantu ketahanan pangan khususnya di Kecamatan Lasiolat. Ini sesuai dengan harapan presiden kita,  Jokowi, bahwa masyarakat harus meningkatkan ketahanan pangan di daerah masing-masing. 


Kapolres mengimbau, agar masyarakat lebih termotivasi untuk berkebun secara serius dan tekun, agar hasilnya tidak sekedar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tapi lebih kepada memperbaiki perekonomian keluarga.


Mudah - mudahan dengan terobosan, kata Kapolres, hal seperti ini menjadi contoh bagi petani lainnya khususnya di Kecamatan Lasiolat untuk memanfaatkan lahan kosongnya dengan berkebun tomat. Karena tomat Lahurus ini tidak tumbuh di daerah lain sehingga memiliki nilai jual yang sangat bagus. 


Bahkan kata Kapolres, dari data yang pihaknya ketahui bahwa tomat Lasiolat ini sudah memiliki pangsa pasar hingga kabupaten lain, seperti di TTU, TTS hingga Kabupaten Alor," sebutnya.


"Kalau kita betul-betul tekun dan serius mengolah tanaman ini, tentu saja hasilnya bukan cuma untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, tapi juga memperbaiki perekonomian keluarga," sebutnya.


Berdasarkan informasi yang dihimpun Awak Media, bahwa Bripka Nasrul Ikhwan Ninong yang kesehariannya bertugas sebagai Kanit Samapta Polsek Lasiolat, sebelumnya diganjar penghargaan oleh Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K., atas prestasinya di bidang pertanian, dengan mengelola lahan tidur milik masyarakat di Desa Maneikun, Kecamatan Lasiolat, Kabupaten Belu.


Di luar tanggungjawabnya sebagai anggota Polri, Bripka Nasrul juga bersama warga petani di Desa Maneikun, bekerjasama memanfaatkan lahan tidur untuk diolah menjadi kebun tomat khas daerah Lasiolat.(Mario)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Jaga Ketahanan Pangan, Kapolres dan Muspika Lakukan Ini

Terkini

Topik Populer

Iklan