Iklan

Iklan

Kolang Kaling Cegah Keropos Tulang dan Radang Sendi, Ini Manfaat Lainnya

BERITA PEMBARUAN
18 Maret 2023, 14:11 WIB Last Updated 2023-03-18T07:16:07Z
Kolang Kaling.(foto: istimewa)


Beritapembaruan.id, Sambut bulan Suci Ramadhan kita pasti sering menemukan  camilan kenyal berbentuk lonjong dan berwarna putih transparan, serta mempunyai rasa yang menyegarkan.


Ya, cemilan tersebut bernama Kolang kaling yang dalam bahasa Sunda biasa disebut Cangkaleng, dan berasal dari biji pohon aren yang berbentuk pipih serta bergetah.


Buah dari biji aren tersebut biasanya saat Ramadan dihidangkan dengan berbagai varian, ada disatukan bersama es buah, manisan atau bahkan dihidangkan bersama kolak pisang.


Sebenarnya Kolang kaling tersebut menyimpan beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh yang masih jarang diketahui kebanyakan orang. 


Cangkaleng atau Kolang Kaling, lebih populer saat Ramadhan, namun di bulan lainnya pun ada meski tidak sebanyak dan dibutuhkan saat Ramadhan. Pada Kolang Kaling ini tersimpan manfaat yang jarang diketahui banyak orang. Dan manfaatnya tidak diragukan untuk  kesehatan tubuh.


Sehingga, kolang kaling bisa dijadikan makanan alternatif yang bisa dipilih tidak hanya pada bulan Ramadhan.


Seabreg manfaat kolang kaling untuk kesehatan tubuh, tidak lepas dari banyaknya juga kandungan nutrisi di dalamnya.


Kandungan nutrisi yang terkandung dalam kolang kaling di antaranya seperti serat, karbohidrat, protein, kalsium, fosfor, vitamin A, vitamin C dan berbagai nutrisi lainnya.  


Apa saja manfaat kolang kaling untuk kesehatan?  Melansir dari Health Benefits Times, simak beberapa manfaat kolang kaling untuk kesehatan tubuh berikut:


Membantu Menurunkan Berat Badan 

Salah satu manfaat kolang kaling yang cukup menarik di antaranya mampu membantu menurunkan berat badan. Pasalnya, kolang kaling mempunyai serat tinggi yang bisa memberikan rasa kenyang dan cocok dikonsumsi saat diet menurunkan berat badan.


Baik Untuk Radang Sendi 

Selain itu, kolang kaling juga bermanfaat untuk perawatan radang sendi. Sehingga, mengkonsumsi kolang kaling bisa menjadi alternatif yang bisa Anda pilih untuk meringankan radang sendi.


Melancarkan Sistem Pencernaan 

Manfaat kolang kaling untuk kesehatan tubuh selanjutnya adalah mampu melancarkan sistem pencernaan. Seperti yang sudah dikatakan di atas, kolang kaling memiliki kandungan serat yang cukup tinggi.  Sehingga mengkonsumsi kolang kaling mampu mengatasi sembelit dan mencegah gangguan pencernaan lainnya.


Meredakan Gatal 

Manfaat kolang kaling untuk kesehatan tubuh lainnya juga tidak kalah hebat. Getah yang dihasilkan dari pohon kolang kaling sangat membantu untuk meredakan gatal dan alergi. 



Mencegah Osteoporosis


Manfaat kolang kaling untuk kesehatan yang tidak boleh terlewatkan yakni mampu mencegah osteoporosis. Hal tersebut dikarenakan kolang kaling mengandung cukup kalsium yang baik untuk kesehatan dan kepadatan tulang.  


Sehingga mengkonsumsi kolang kaling mampu mengurangi risiko terkena penyakit osteoporosis. Demikian beberapa manfaat kolang kaling untuk kesehatan tubuh.(***)



Sumber dari Wikipedia dan beberapa artikel kesehatan 






Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kolang Kaling Cegah Keropos Tulang dan Radang Sendi, Ini Manfaat Lainnya

Terkini

Topik Populer

Iklan