Iklan

Iklan

Lalapan Beraroma Khas, Ini Manfaat Petai bagi Kesehatan

BERITA PEMBARUAN
18 Maret 2023, 11:24 WIB Last Updated 2023-03-18T04:26:37Z
Petai (Parkia specosa).(foto: istimewa)


Beritapembaruan.id. Petai atau mlanding (Parkia specosa) merupakan pohon tahunan tropika dari jenis suku polong-polongan. Pohon tersebut banyak tumbuh dan tersebar luas di Indonesia bagian barat. Juga tanaman ini tumbuh di kawasan Asia Tenggara.


Petai dikonsumsi ketika masih muda, baik segar maupun direbus dan dipercaya dapat menurunkan gula darah dan menyehatkan jantung dan saluran pencernaan.


Mari kita simak beberapa manfaat petai untuk kesehatan tubuh yang menjadi sorotan dan menarik perhatian untuk diketahui. Tak hanya itu, manfaat petai untuk kesehatan tubuh juga teruji secara klinis. 


Manfaat kandungan nutrisi yang terkandung dalam petai sendiri di antaranya seperti protein, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin C, vitamin E, vitamin B dan masih banyak lagi. 


Melimpahnya kandungan nutrisi dalam petai, tak heran mengkonsumsi petai bisa memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Lantas apa saja manfaat petai untuk kesehatan? Melansir dari JewelPie, berikut beberapa manfaat petai untuk kesehatan: 


1. Menurunkan Kolesterol 


Petai mengandung cukup banyak serat yang dikaitkan dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, mengkonsumsi petai juga mampu meningkatkan metabolisme glukosa dan respons insulin yang berarti dapat membantu Anda mengatasi masalah memalukan seperti sembelit. 


2. Mengontrol Diabetes


Selain itu, mengkonsumsi petai menta atau jus juga bermanfaat untuk mengontrol diabetes. Sehingga petai patut dicoba bagi Anda yang mempunyai masalah gula darah tinggi. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.



3. Meningkatkan Otot


Petai mengandung cukup banyak potasium yang berperan penting dalam kontraksi otot dan transmisi saraf. Sehingga petai kerap direkomendasikan bagi para olahragawan untuk mengkonsumsi petai karena manfaat tersebut. 


4. Menjaga Kesehatan Jantung


Selain itu, petai juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, petai mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung karena mampu mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan berbagai gejala penyakit jantung lainnya.


5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Petai merupakan salah satu makanan yang kaya akan nutrisi. Salah satunya vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta memenuhi pertumbuhan dan perbaikan jaringan di seluruh tubuh. 


6. Baik Untuk Kesehatan Tulang


Satu porsi setengah cangkir petai mengandung 75 mg kalsium yang penting untuk pembentukan tulang dan menjaganya tetap sehat. Selain itu, petai juga membantu pembekuan darah kita, mengirim pesan saraf dan otot berkontraksi. 


7. Membantu Mengurangi Depresi


Tahukah Anda jika mengkonsumsi petai juga dapat bermanfaat untuk mengurangi depresi? Sebuah penelitian yang dilakukan oleh MIND (sebuah lembaga penelitian) pada individu yang berjuang dengan gangguan depresi menemukan bahwa banyak dari kelompok fokus merasa jauh lebih baik setelah mengkonsumsi petai. Karena petai mengandung tryptophan, sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin yang membantu anda rileks, meningkatkan mood dan biasanya membuat Anda merasa lebih nyaman.(***)


 




Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Lalapan Beraroma Khas, Ini Manfaat Petai bagi Kesehatan

Terkini

Topik Populer

Iklan