Iklan

Iklan

Paradigma Baru Abad ke 2 untuk Mendigdayakan Nahdlatul Ulama di Tanah Pangkal Perjuangan

BERITA PEMBARUAN
16 Maret 2023, 09:17 WIB Last Updated 2023-03-16T03:24:49Z
Saat pelantikan PC NU Kabupaten Karawang di RM Indo Alam Sari Jalan Interchange Karawang, Rabu 15 Maret 2023.(foto:ist)


Bahwa Pelantikan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Karawang Masa Khidmat 2022-2027 sebagai starting point berfikrah dan berharaqah untuk merealisasikan visi-misi sebagai dasar pijakan capaian-capaian kerja Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Karawang untuk  lima tahun ke depan.


Pendekatan Strategic Planning dibangun dengan gerak langkah yang terstruktur, sistematis, dan mempunyai komitmen kuat dalam jiwa setiap pengurus di setiap tingkatan mulai dari tingkat Pengurus Cabang, Pengurus Majelis Wakil Cabang, Pengurus Ranting sampai pada tingkat Pengurus Anak Ranting akan memposisikan Nahdlatul Ulama sebagai  kekuatan yang dahsyat di tanah Pangkal Perjuangan.


Pengurus Nahdlatul Ulama Kabupaten Karawang sadar betul bahwa, era modern ditandai dengan hegemoni  informasi sebagai alat ukur sebuah organisasi berwajah modern. Seluruh informasi dan aktivitas organisasi menjadi keniscayaan untuk dipublikasikan dan mendapat feedback serta respon dari masyarakat melalui media sosial.  


Pengurus Nahdlatul Ulama Kabupaten Karawang menempatkan era informasi sebagai tool dalam tata kelola, dasar penyusunan kebijakan, dan perbaikan pelayanan agar organisasi bisa merespon lebih cepat dan tepat. 


Kerja-kerja berbasis teknologi informasi akan membawa Nahdlatul Ulama Kabupaten Karawang sebagai organisasi modern dan tentunya akan mempermudah dalam menumbuhkembangkan harakah Perkumpulan.


'Paradigma Baru Abad Ke 2 Untuk Mendigdayakan Nahdlatul Ulama di Tanah Pangkal Perjuangan' sebagai thema besar dalam prosesi Pelantikan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Karawang Masa Khidmat 2022-2027. 


Thema ini sebagai jawaban atas gerakan yang dilakukan Kepengurusan Nahdlatul Ulama periode sebelumnya yang dipersepsikan sudah terjebak dalam rutinitas program, elitis, dan terlibat jauh masuk ke dunia politik praktis. Elitisme program seolah seolah hanya melayani kelompok menengah dan atas, sementara kelas bawah cenderung diabaikan.


Kerutinan program yang bersifat teknis administratif menyebabkan Nahdlatul Ulama sulit tanggap terhadap masalah-masalah baru yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat. Dan masih kuatnya shahwat politik praktis memposisikan Nahdlatul Ulama membuat garis tersendiri sehingga melahirkan Nahdlatul Ulama menjadi milik atau berpihak pada partai politik tertentu.


Agenda besar Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Karawang Masa Khidmat 2022-2027 sebagai mana dijelaskan di atas dilakukan melalui tiga pendekatan :


1. Taqwiyatul Jam’iyah (Konsolidasi Organisasi)


Tujuan pendekatan ini adalah agar Pengurusan Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Karawang dan Perangkatnya dapat melaksanakan program-program yang direncanakan sesuai dengan peran dan fungsinya sehingga menghasilkan kinerja yang bermutu, efektif, efesien dan terbentuknya sinergi program yang dilaksanakan oleh semua tingkat kepengurusan, Perangkat Perkumpulan dan Badan Otonom. Untuk mencapai tujuan tersebut dalam bentuk kegiatan:


a. Mensosialisasikan Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga dan Peraturan Perkumpulan Nahdlatul Ulama secara konsisten.


b. Menyelenggarakan kaderisasi secara berjenjang dari Pendidikan Dasar -Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PD-PKPNU) sebagai kaderisasi tingkat Dasar dan Pendidikan Menengah Kepemimpinan Nahdlatul Ulama (PMKNU), sebagai kaderisasi tingkat menengah.


c. Pembagian tugas kerja antara jajaran pengurus sesuai dengan kompetensi dan    kualifikasi personal pengurus.


d. Mengoptimalkan konsolidasi dan kordinasi dengan badan otonom dan lembaga dengan dukungan sistem komunikasi yang terbuka dan cepat berbasis digital.


e. Mengembangkan pola manajemen modern.


2.  Khadimul Ummah (Pelayan sosial).


Tujuannya agar adanya keseimbangan kebutuhan rohani dan jasmani warga Nahdlatul Ulama melalui :

a. Keagamaan : mengembangkan dan mendorong segenap segmen Pengurus Nahdlatul Ulama, untuk memperkuat pengembangan ajaran, dan praktek Islam Ahlussunnah wal Jama’ah an-Nahdliyah melalui gerakan moderasi beragama untuk membumikan nilai Islam moderat, yang menjadi paham keislaman Nahdlatul Ulama.


b. Pendidikan : Mendorong dan Meningkatkan penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas dan biaya terjangkau di lingkungan Nahdlatul Ulama maupun di luar Nahdlatul Ulama.


c. Kesehatan : Mengupayakan dan meningkatkan layanan kesehatan bagi masyarakat khususnya warga NU yang kurang mampu.


d. Ekonomi : Mengupayakan meningkatnya daya beli masyarakat melalui  pengembangan ekonomi warga NU.


3. Himayatul Ummah (Pelindung Umat)


Mengelola Nahdlatul Ulama pada lima tahun ke depan, sejatinya harus belajar dari tata kelola Nahdlatul Ulama dari periode ke periode sebelumnya, agar dapat secara tepat mengambil sikap dan kebijakan yang berpihak pada perlindungan masyarakat secara umum dan khususnya warga Nahdlatul Ulama. 


Jika tidak, Nahdlatul Ulama akan dicatat dalam sejarah sebagai organisasi masyarakat sipil (civil society) yang membiarkan warganya tetap berada dalam kemungkinan penindasan struktural yang setiap saat mungkin terjadi.


Sebagai cara untuk menjawab permasalahan-permasalahan yang dihadapi masyarakat Pengurus Nahdlatul Ulama Kabupaten Karawang mempersiapkan perangkat perkumpulan yang secara khusus bergerak pada dimensi Himayatul Ummah. Dengan membentuk perangkat Perkumpulan yang benar-benar diperkuat baik sumberdaya manusia maupun manajemen operasionalnya.


Dari sekian banyak perangkat Perkumpulan Nahdlatul Ulama, salah satunya, adalah Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU) yang bertugas melaksanakan kebijakan di bidang pengembangan dan pengelolaan pertanian, kehutanan dan lingkungan hidup. 


Lembaga ini merupakan ujung tombak Nahdlatul Ulama dalam upaya pemberdayaan masyarakat petani, dalam bentuk melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap petani, melalui pelatihan dan menciptakan jaringan pemasaran produk-produk mereka.


Begitu juga tema perubahan iklim dan kerusakan lingkungan hidup, baik dalam skala global, nasional dan lokal sebagai sebuah realitas kehidupan masyarakat modern. Mulai dari maraknya deforestasi (kerusakan hutan), pencemaran air, pencemaran tanah, krisis keragaman hayati, kekeringan dan krisis air bersih. Pencemaran udara, termasuk sampah kimia sebagai masalah ekologis yang mengancam umat manusia saat ini. 


Untuk itu diperlukan semangat melestarikan  fungsi lingkungan hidup dan mencegah  terjadinya pencemaran dan atau kerusakan (Al Bi’ah Hayatiyyah).


Begitu pula persoalan lingkungan hidup yang diakibatkan oleh pelaku usaha/industri seringkali keselamatan lingkungan dinomorduakan dengan motif profit oriented. Meskipun pengawasan dan sangsi yang tidak serta merta membuat perusahaan sadar bahwa kualitas lingkungan sumberdaya alam secara tidak langsung dapat mengurangi keuntungan perusahaan.


Perangkat Perkumpulan Nahdlatul Ulama lainnya, yang secara langsung bersentuhan dengan masyarakat/warga NU perlu mendapat perhatian yang serius. Seperti Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (LKKNU) dan yang bertugas melaksanakan kebijakan Nahdlatul Ulama di bidang kesejahteraan keluarga, sosial dan kependudukan. 


Begitu juga dengan Perangkat dan Badan Otonom di lingkungan Perkumpulan Nahdlatul Ulama yang secara langsung bersentuhan dengan masyarakat dan warga Nahdlatul Ulama. 

 

Melalui Pendekatan Taqwiyatul Jam’iyah, Khadimul Ummah, dan Himayatul Ummah sejatinya merupakan tipologi (wajah) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Karawang Masa Khidmat 2022-2027 dalam melakukan capaian-capaian kerja dalam frame Islam rahmatan lil ‘alamin melalui pendekatan tawasuth dan i’tidal  yang dikongkritisasikan dalam sikap nahdliyah fikrah dan harakah.

 

                                                                          Karawang, 15 Maret 2023
PCNU Kabupaten Karawang Masa Khidmat 2022-2027.

 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Paradigma Baru Abad ke 2 untuk Mendigdayakan Nahdlatul Ulama di Tanah Pangkal Perjuangan

Terkini

Topik Populer

Iklan