Iklan

Iklan

Cegah Konflik Sosial, Kodim 1003 HSS Gelar Binkom

BERITA PEMBARUAN
05 April 2023, 23:09 WIB Last Updated 2023-04-05T16:09:26Z
Kodim HSS saat menggelar Binkom para tokoh masyarakat di Makodim 1003/HSS, Rabu 5 April 2023.(foto:ist)


KANDANGAN - Ciptakan situasi yang kondusif dengan mencegah munculnya konflik sosial di masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Tim Staf Intelijen Angkatan Darat (SINTELAD) gelar kegiatan Binkom (Pembinaan Komunikasi) di Markas Kodim 1003/HSS Jl. A. Yani Kelurahan Kandangan Kota Kabupaten HSS, Kalsel, Rabu 5 April 2023.


Kegiatan Binkom yang dilaksanakan berupa sosialisasi ini diikuti oleh beberapa tokoh yang merupakan warga binaan Bintara Pembina Desa (Babinsa) di seluruh wilayah teritorial Kodim 1003/HSS.


Pada sambutannya Komandan Kodim 1003/HSS Letkol Inf Nurliwedie Nurdin Kanan, S.M., M.M., mengucapkan selamat datang kepada Tim Binkom dari Sintelad dengan apresiasi ucapan terimakasih yang telah berkenan bertatap muka, dan memberikan bimbingan, melaksanakan kegiatan pembinaan komunikasi dengan warga masyarakat binaan di wilayah Kodim 1003/HSS.


Kegiatan sosial ini merupakan salah satu solusi untuk mencegah terjadinya konflik social yang terjadi di masyarakat khususnya di wilayah Kodim 1003/HSS. Diharapkan para peserta sosialisasi bisa dengan cermat mengikuti kegiatan ini. Dengan memahami bahaya tersebut maka, kita akan dapat menempatkan diri untuk tetap menjaga, mematuhi dan mentaati seluruh aturan yang sudah diterapkan.


"Aturan tersebut diterapkan kepada seluruh komponen bangsa untuk berperan aktif dalam upaya pencegahan konflik social," terangnya 


Sementara itu, Ketua Tim Binkom Sintel Mabesad Kolonel Inf Totok Sutriono juga berikan sambutan di antaranya, kegiatan pembinaan komunikasi ini dilaksanakan dengan maksud guna mencegah terjadinya konflik sosial pada masyarakat.


"Meskipun di wilayah teritorial Kodim 1003/HSS saat ini masih dalam keadaan kondusif dan aman, namun ini merupakan salah satu upaya antisipasi agar tidak terjadi konflik sosial," ujarnya.


Dikatakannya, bahwa negara Republik Indonesia yang kita cintai ini merupakan negara yang terdiri dari pulau-pulau yang terpisah dengan masyarakat yang berbagai macam suku budayanya. 


"Hal inilah yang kita jaga. Sebab dengan berbagai adat istiadat dan suku akan lebih mudah timbulnya konflik sosial di masyarakat," terangnya .


Apalagi lanjutnya, pada tahun ini negara kita sedang berada di tahun politik. Dan diharapkan jangan mudah terprovokasi oleh informasi maupun situasi yang bisa menimbulkan konflik sosial sehingga menjadi situasi yang tidak kondusif lagi bahkan bisa merugikan masyarakat sendiri.  


Lebih lanjut dijelaskan, bahwa situasi dan kondusif dan aman merupakan awal dari berjalannya pembangunan. Apabila wilayah yang tidak aman ataupun terjadi konflik sosial maka pembangunan tidak bisa berjalan dengan semestinya.


"Selain itu faktor lainya seperti transisi demokrasi yang merupakan demokrasi terbuka, dengan semua masyarakat bebas berpendapat. Yang perlu diwaspadai adalah pendapat masyarakat yang tidak terkendali akan memicu situasi0 yang tidak aman," tuturnya.


Masih menurut Kolonel Inf Totok, bahwa pada tahun 2024 yang akan datang Indonesia akan melaksanakan pemilu Presiden dan Wakil Presiden, memilih DPR serta DPRD yang tahapannya sangat panjang dan sudah di mulai saat ini.


"Situasi seperti saat inilah yang bisa menimbulkan suatu konflik di masyarakat akibat dari mencari pendukung masing-masing calon dari partai, dari isu-isu untuk saling menjatuhkan, diharapkan situasi ini di wilayah Kodim 1003/HSS jangan sampai terjadi," tandasnya.


Dalam kegiatan sosialisasi tersebut juga di isi dengan materi Bela Negara dengan narasumber Kapten Inf Nuryanto Pasi Intel Kodim 1003/HSS dan materi Koordinasi Penghentian Konflik yang disampaikan oleh Kabid Kesbangpol HSS Bahrian Noor, S.Pd.(pd1003/red)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Cegah Konflik Sosial, Kodim 1003 HSS Gelar Binkom

Terkini

Topik Populer

Iklan