Iklan

Iklan

DPD Partai Golkar Daftarkan Bacaleg, Targetkan 50 Persen Plus Satu Kursi DPRD Tapin

BERITA PEMBARUAN
14 Mei 2023, 23:37 WIB Last Updated 2023-05-14T16:37:00Z
DPD Partai Golkar saat akan menyerahkan persyaratan Bacalegnya ke Kantor  KPU Kabupaten Tapin, Minggu 15 Mei 2023.(foto:ron)


RANTAU - Jelang berakhirnya masa pendaftaran Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) sementara untuk Pemilu 2024, DPD Partai Golongan Karya (Golkar) Tapin, serahkan berkas pendaftaran 24 orang Bacaleg ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tapin Provinsi Kalimantan Selatan, Minggu 14 Mei 2023.


Diketahui, KPU di seluruh Indonesia sedang melaksanakan tahapan pendaftaran, Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) Anggota DPD, DPR RI, DPRD Provinsi hingga DPRD Kabupaten atau Kota yang dibuka sejak hari Senin yang lalu (1/5/2023) dan akan berakhir pada tanggal 14 Mei 2023 pukul 23.59 Wita tengah malam ini.


Pada saat penyerahan berkas pendaftaran Bacaleg Partai yang identitik dengan warna kuning itu, Drs HM Arifin Arpan, M.M., yang saat ini menjabat sebagai Bupati Tapin, bersama puluhan orang dan Ketua DPD Partai Golkar Tapin H.Yamani ikut langsung mendatangi Kantor Sekretariat KPU di Jalan Jenderal Sudirman Bypass Rantau. 


Sesampainya di Kantor Sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tapin, berkas pendaftaran Bacaleg diserahkan oleh Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Tapin H. Yamani dan diterima langsung Ketua KPU Tapin Hj. Henny Hendriyani beserta Jajaran Komisioner KPU Tapin lainnya.


Ketua DPD Partai Golkar Tapin, H Yamani menyampaikan untuk Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2024 nanti, Golkar Tapin menargetkan dapat meraih kursi anggota DPRD Tapin sebanyak 50 persen plus satu.


"Target kita (Golkar) pada Pileg 2024 nanti, dapat meraih kursi legislatif sebanyak 50 persen plus 1 atau 13 dari 25 kursi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tapin," sebutnya.

 

Dikatakannya, target tersebut lebih banyak dari Pemilu sebelumnya (2019) yakni delapan kursi. Dan dengan banyaknya kader potensial yang menjadi caleg di partai berlambang pohon beringin itu pihaknya optimis bisa meraih target.


"Target 13 kursi DPRD. Dengan semangat berkarya dan banyak kader potensial di Golkar yang jadi caleg, kita optimis bisa meraih target tersebut", ujarnya.


Untuk Bacaleg yang mendaftar kata H Yamani, ada muka lama dan muka baru. Kalau dipersentasekan fifty - fifty atau 50 persen 50 persen.


"Total Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) kita ada 24 orang. Dan tersebar di tiga daerah pemilihan (dapil) yang ada," jelasnya.


H Yamani mengakui pada pileg sebelumnya suara paling potensial ada di dapil dua (Binuang, Hatungun,Tapin Selatan dan Salam Babaris), tetapi untuk Pileg 2024 nanti,Ia optimis suara Partai Golkar akan merata termasuk dua Dapil lainnya.


"Saya optimis karena kehadiran beberapa tokoh yang ikut bertarung pada pileg nanti," ungkapnya.


Terpisah, Ketua KPU Kabupaten Tapin, Hj.Henny Hendriyanti mengatakan, hingga sampai tadi sore, Minggu (14/5/2023), sudah ada 12 partai politik (parpol) yang menyerahkan berkas pendaftaran Bacalegnya masing-masing ke KPU Tapin.


"Jadi masih ada tiga parpol di Tapin yang belum mendaftar atau menyerahkan berkas, yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP)," ungkapnya.


Dikatakannya, terkonfirmasi ada dua parpol yang tidak mengajukan Bacaleg nya yaitu Partai PKN dan Partai Garuda.


"Kalau Partai Buruh di Kabupaten Tapin ini tidak ada kepengurusannya, sehingga tidak berhak mengajukan Bacaleg nya," sebutnya.


Ketua KPU Tapin berharap, tiga Parpol yang belum menyerahkan berkas pendaftaran Bacalegnya tersebut bisa memaksimalkan sisa waktu yang ada hingga pukul 23.59 WITA malam ini.


"Kita akan tetap tunggu, hingga batas waktu yang telah ditentukan yakni hari Sabtu tanggal 14 Mei 2023 pukul 23.59 WITA tengah malam ini," pungkasnya.(ron)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • DPD Partai Golkar Daftarkan Bacaleg, Targetkan 50 Persen Plus Satu Kursi DPRD Tapin

Terkini

Topik Populer

Iklan