Iklan

Iklan

Tingkatan Ekonomi Warga, Babinsa Koramil 1010-06/CLS Dampingi Petani Tanam Padi

BERITA PEMBARUAN
07 Mei 2023, 13:47 WIB Last Updated 2023-05-07T06:47:26Z
Babinsa Desa Marampiau Hulu Serda Sofyan Hadi saat dampingi petani tanam padi, di CLS, Minggu 6 Mei 2023.(foto:pd1010)


TAPIN  - Babinsa adalah akronim dari Bintara Pembina Desa yang merupakan prajurit kesatuan Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang bertugas sebagai perwakilan militer di wilayah desa atau kelurahan.


Tugas utama Babinsa adalah membantu memelihara keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat, serta membantu mengembangkan potensi desa melalui program - program pembibitan yang diselenggarakan oleh pemerintah dan TNI.


Pekerjaan tentara tidak melulu soal perang atau mengangkat senjata. Namun melakukan pendampingan terhadap masyarakat di bidang pertanian, guna memperkuat ketahanan pangan dan meningkatkan ekonomi masyarakat. Dan ini juga merupakan salah satu bagian dari tugas mereka (TNI).


Seperti halnya yang dilakukan oleh personel Koramil 06/Candi Laras Selatan jajaran Kodim 1010/Tapin, Babinsa Desa Marampiau Hulu Serda Sofyan Hadi turut melaksanakan kegiatan mendampingi petani menanam padi di wilayah binaannya, di Desa Marampiau Hulu Kecamatan Candi Laras Selatan (CLS), Kabupaten Tapin, Minggu (06/05/2023).


Serda Sofyan menyampaikan, Babinsa selaku pendamping masyarakat tidak terkecuali para petani, harus berperan aktif dalam membantu mereka (petani). Meski masih pada tahap awal penanaman, sebagai aparat pembina desa pihaknya ikut melakukan peran serta bersama warga.


"Selaku Babinsa akan selalu mengawal dan mendampingi para petani sehingga betul-betul merasakan kehadiran kami (Babinsa) di tengah-tengah mereka (masyarakat)", ujarnya.


Dikatakannya, sebagai wujud manunggal TNI, Babinsa akan terus bersinergi bersama masyarakat salah satunya para petani guna mendukung program pemerintah dalam swasembada pangan.


Disampaikan Serda Sofyan Hadi,pendampingan kepada petani tidak hanya sampai selesai di masa penanaman saja akan tetapi hingga panen nanti.


"Pendampingan dilakukan dari mulai  pembajakan lahan, penyemaian, penanaman, perawatan sampai panen raya nabnti bahkan hingga penjemuran," terangnya. 


Sementara itu Petani warga Desa Marampiau Hulu,Maman pemilik sawah menyampaikan, ia tahun ini menanam padi jenis Siam di lahan seluas kurang lebih 1 hektare.


"Ulun (saya) ucapakan terima kasih kepada Koramil Margasari (06/CLS) khususnya Babinsa yang selama ini terus melakukan pendampingan terhadap para petani. Kami merasa sangat terbantu dengan kehadiran bapak tentara (Babinsa) ini," ujarnya.(pd1010)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tingkatan Ekonomi Warga, Babinsa Koramil 1010-06/CLS Dampingi Petani Tanam Padi

Terkini

Topik Populer

Iklan