Iklan

Iklan

Bupati dan Ketua DPRD Tapin Hadir di Pasar Murah Jelang Idul Adha 1444 H di CLS

BERITA PEMBARUAN
27 Juni 2023, 22:58 WIB Last Updated 2023-06-27T15:58:36Z
Bupati Tapin HM Arifin Arpan (bertopi) saat hadiri pasar murah di Kecamatan CLS, Senin 26 Juni 2023.(foto:ist)


RANTAU - Jelang Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah, Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan bersama Pemerintah Kabupaten Tapin menggelar pasar murah di Halaman Puskesmas Baringin Kecamatan Candi Laras Selatan, Senin (26/6/2023).


Pasar murah tersebut dibuka Bupati Tapin HM Arifin Arpan dan turut serta hadir Ketua DPRD Tapin H Yamani, Ketua Tim Pengerak PKK Tapin Hj Ratna Ellyani, Kepala Dinas Perdagangan Tapin Sugiannor, Kadis Perindustrian Rosaria Sari, dan Kadis Perikanan Parianata serta Muspida Tapin.


Informasi, ratusan warga masyarakat antusias berdatangan bahkan rela antri dan berdesakan di stand - stand untuk mendapatkan bahan kebutuhan pokok, serta kebutuhan lainnya dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga yang berlaku di pasaran.


Barang kebutuhan pokok yang tersedia dan habis terjual di pasar murah itu diantaranya beras, telur, minyak goreng, gula pasir dan hasil pertanian seperti bawang merah, bawang putih daging ayam dan lainnya.


Bupati Tapin HM Arifin Arpan menyampaikan ucapan terima kasih dan apresasi setinggi tingginya kepada Dinas Perdagangan Provinsi Kalsel dan Dinas Perdagangan Kabupaten Tapin atas terselenggaranya pasar murah menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah atau tahun 2023 di CLS ini.


"Kegiatan ini sejatinya bertujuan membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari, dan kebutuhan jelang Hari Raya Idul Adha tahun 2023 ini," ujarnya.


Disamping itu pula kata Arifin Arpan, sebagai bagian dari upaya pemerintah daerah untuk menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok masyarakat di pasaran.


Dikatakannya, kegiatan pasar murah ini sebagai bentuk langkah antisipasi dari pemerintah daerah. Karena ada kecendrungan meningkatnya kebutuhan masyarakat, terutama kebutuhan bahan pokok sehari-hari menjelang Idul Adha 1444 Hijriah.


"Peningkatan jumlah kebutuhan bapok ini tentu harus disikapi dengan bijak oleh pedagang dan masyarakat yang membutuhkan agar tidak menimbulkan kelangkaan barang di tengah masyarakat," sebutnya.


HM Arifin Arpan mengimbau kepada pengusaha skala besar agar ikut berpartisipasi, atau ikut menyelenggarakan pasar murah di lingkungan yang terbuka untuk masyarakat umum yang membutuhkan.


"Berharap kepada pelaku usaha terutama distributor, grosir, agen pengecer untuk dapat menambah stok kebutuhan pokok di atas kebutuhan normal. Tujuannya agar ketersediaan barang kebutuhan masyarakat terpenuhi dan harga barang tidak naik serta wajar, hal ini untuk menghindari tindakan yang merugikan semua pihak," tuturnya.


Sementara Kadis Perdagangan Kabupaten Tapin Sugiannor melaporkan, jelang Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah Dinas Perdagangan Provinsi Kalsel bersama Dinas Perdagangan Tapin memfasilitasi pasar murah guna memudahkan dan memenuhi kebutuhan bahan pokok untuk masyarakat Tapin khususnya warga CLS.


"Untuk barang yang dijual pada pasar murah menjelang Idul Adha 1444 Hijriah ini yakni barang kebutuhan pokok masyarakat," terangnya.


Disampaikannya, pihaknya gencar menggelar pasar murah supaya masyarakat terbantu mendapatkan kebutuhan bahan pokok maupun barang lainnya dengan harga yang lebih murah dibanding di pasaran.


Disamping itu kata Sugianoor, kegiatan pasar murah ini untuk mengatasi tingginya permintaan masyarakat terhadap bahan pokok dan barang kebutuhan lainnya menjelang hari raya Idul Adha 1444 Hijriah.


Menurutnya, untuk produk yang dijual pada pasar murah dengan harga lebih murah di pasaran ini, tidak hanya bahan pokok saja namun juga barang-barang lainnya juga di sediakan.


“Jadi warga masyarakat Kalsel khususnya Tapin tidak perlu khawatir mengahdapi Hari Raya Idul Adha, karena pemerintah menyediakan kebutuhan pokok aman sampai bulan Januari 2024 mendatang," jelasnya.


Pihaknya berupaya agar kegiatan pasar murah ini bisa terus di gelar di seluruh daerah hingga pelosok desa dan tidak hanya pada momen menjelang hari raya dan hari besar saja.


"Kita akan berupaya gelaran pasar murah ini tidak pada momen menjelang hari raya saja, akan tetapi disaat bahan pokok langka, bisa di adakan pasar murah," tandasnya.(ron)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati dan Ketua DPRD Tapin Hadir di Pasar Murah Jelang Idul Adha 1444 H di CLS

Terkini

Topik Populer

Iklan