Iklan

Iklan

Overpass Dibangun PT. AGM, Resmi Bisa Digunakan Masyarakat

BERITA PEMBARUAN
08 Juni 2023, 22:56 WIB Last Updated 2023-06-08T15:56:27Z
Bupati Tapin HM.Arifin Arpan (tengah) sesaat setelah resmikan Overpass didampingi Manajemen PT Baramulti Group Yayan Suryana (batik merah), Kamis 8 Juni 2023.(foto:ist)


RANTAU - Overpass yang dibangun PT Antang Gunung Meratus (PT AGM) sejak kurang lebih satu tahun lalu di Desa Baramban Kecamatan Piani Kabupaten Tapin Provinsi Kalimantan Selatan akhirnya resmi bisa digunakan untuk dilintasi.


Overpass yang melintasi Jalan Haulling atau jalur khusus angkutan batubara dengan panjang 239 meter dan lebar keseluruhan 12 meter serta lebar jalan utamanya 9 meter tersebut diberi nama Barawa.


Peresmian ditandai dengan penandatangan prasasti dan pengguntingan pita oleh Bupati Tapin HM Arifin Arpan di Overpass Barawa didampingi oleh manajemen Baramulti Grup lengkap dengan Forkopimda Kabupaten Tapin.


Bupati Tapin, HM Arifin Arpan mengapresiasi perusahaan yang telah membangun overpass tersebut dan dengan selesainya overpass Barawa di jalan perbatasan Desa Beramban dan Desa Miawa Kecamatan Piani ini tentunya merupakan suatu kebanggan masyarakat Tapin.


"Karena keberadaan jalan umum untuk melintas tidak terganggu lagi dengan angkutan batu bara," sebut Bupati Tapin usai peresmian, Kamis 8 Juni 2023.


Bupati juga menyampaikan bahwa overpass Barawa ini nantinya akan menjadi obyek wisata baru bagi masyarakat, mengingat letaknya persis dibawah kaki gunung menuju Bendungan Tapin  dengan pemandangan yang indah.


Ia meminta kepada masyarakat untuk sama-sama menjaga overpass tersebut. Jangan sampai dirusak atau dicoret-coret serta dirawat secara berkelanjutan, karena menjadi tanggungjawab bersama.


Sementara, Management Baramulti Group, Yayan Suryana mengatakan overpass ini dibangun untuk mendukung pengembangan ekosistem pariwisata di Kecamatan Piani sehingga dapat memunculkan pertumbuhan ekonomi yang terus meningkat.


Selain itu Overpass Barawa ini tidak hanya besar manfaatnya bagi masyarakat, tapi juga menarik dari sisi arsitekturnya, mempercantik landscape Kecamatan Piani, sebagai bagian dari pengembangan kawasan objek wisata di Kabupaten Tapin.


"Saya yakin Overpass Barawa ini akan menjadi akses penunjang utama bagi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke beberapa objek wisata seperti Bendungan Tapin dan Goa Baramban," sebutnya.


Di tempat yang sama, Ketua Panitia Peresmian Overpass Baramban/ Infrastruktur Section Head, Nanang Jayanto mengatakan, pembangunan overpass Barawa ini menelan biaya kurang lebih Rp30 miliar.


Dikatakan Nanang,dana pembangunan overpass yang mencapai puluhan miliar ini bersumber dari dana PT Antang Gunung Meratus (PT AGM) anak perusahaan Baramulti Group.


"Untuk pelaksana kerjanya,satu kontraktor lokal yakni PT. Agrabudi Jalan Bedikari dengan masa pengerjaan kurang lebih satu tahun," jelasnya.


Adapun spesifikasi bangunan kata Nanang Jayanto, overpass tersebut dibangun dengan panjang sekitar 239 meter lebih dan lebar jalan utamanya 9 meter ditambah bahu kanan - kiri  kurang lebih 3 meter.


Dikatakannya, sebagaimana permintaan Bupati bahwa di areal overpass Barawa akan dijadikan Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan tempat parkir.


"Dengan harapan,pertumbuhan ekonomi bergerak, karena orang banyak datang kesini untuk berwisata," pungkasnya.


Turut hadir pada persemian, Ketua DPRD Tapin H Yamani, Kapolres Tapin AKBP Sugeng, Kajari Tapin Adi Fakhrudin, Ketua PN Rantau, Ketua PN Agama Rantau, Perwakilan SOPD Lingkup Tapin dan Kepala Desa Beramban, Kepala Desa Miawa dan Jajaran Manajemen PT. AGM.(Ron)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Overpass Dibangun PT. AGM, Resmi Bisa Digunakan Masyarakat

Terkini

Topik Populer

Iklan