Iklan

Iklan

FBPD Kecamatan Bojongmangu Gelar Pembinaan Kapasitas

BERITA PEMBARUAN
18 Oktober 2023, 21:55 WIB Last Updated 2023-10-18T14:55:46Z
Peserta Pembinaan Kapasitas BPD se-Kecamatan Bojongmangu Kabupaten Bekasi seusai acara pembinaan di Hotel Palma Pangandaran Jawa Barat, Jumat 13 Oktober 2023 (foto:soni)


PANGANDARAN - Forum Badan Permusyawaratan Desa (FBPD) di Kecamatan Bojongmangu menyelenggarakan kegiatan pembinaan kapasitas Badan Permusyawaratan Desa (BPD) untuk memperkuat peran serta BPD dalam pemerintahan desa. 


Acara ini berlangsung di Hotel Horison Palma Pangandaran, Jawa Barat pada Jumat, 13 Oktober 2023.


Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, dimulai dari Jumat tanggal 13 hingga 14 Oktober 2023, dan mendapat dukungan dari PT Eky Persada International. 


Acara ini diikuti oleh para ketua dan anggota BPD di seluruh Kecamatan Bojongmangu dan secara resmi dibuka oleh Plt Camat Bojongmangu, Sapto Noviantoro, dengan narasumber utama Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi, Rahmat Atong.


Ketua FBPD Kecamatan Bojongmangu, Ondang Donal, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh anggota FBPD Kecamatan Bojongmangu atas partisipasi aktif dalam kegiatan pembinaan kapasitas BPD se-Kecamatan Bojongmangu.


"BPD harus menjalankan tugas sesuai regulasi dan semua anggota BPD harus semakin optimal dalam pelaksanaan tugas dan fungsi mereka agar peraturan desa dapat dijalankan dengan maksimal," ungkap Ondang Donal.


Sementara itu, Plt Camat Bojongmangu, Sapto Noviantoro, menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan pembinaan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman BPD tentang tugas dan fungsi mereka dalam konteks penyelenggaraan pemerintahan di tingkat desa. 


Dengan demikian, BPD dapat lebih efektif dalam menjalankan peran legislatif mereka dalam mengawasi kinerja Kepala Desa.


"Melalui kegiatan ini, anggota BPD diingatkan kembali akan tugas dan tanggung jawab mereka, khususnya dalam hal menyerap aspirasi masyarakat, pengesahan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (RAPBDes), serta pengawasan pemerintahan desa," ungkap Sapto.


Sapto juga berharap, kegiatan ini dapat menjadi sarana yang bermanfaat bagi semua anggota BPD di Kecamatan Bojongmangu untuk memperkuat sinergi dengan pemerintah desa.


"Keberadaan BPD dan pemerintahan desa, dengan berbagai fungsi dan kewenangannya, diharapkan dapat menciptakan sistem checks and balances dalam penyelenggaraan pemerintahan desa dan menjalin kemitraan yang erat. Dengan pembinaan ini, BPD diharapkan akan meningkatkan kinerjanya dan berperan aktif dalam penyelenggaraan pemerintahan desa," terang Sapto.


Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Bekasi, Rahmat Atong, yang juga menjadi narasumber dalam kegiatan pembinaan BPD, memberikan pesan kepada BPD untuk memiliki gagasan, inisiatif, dan kolaborasi yang selalu mengedepankan kepentingan masyarakat desa.


"Ada empat strategi yang dapat diterapkan oleh BPD. Pertama, meningkatkan kapasitas untuk membantu pemerintah desa dan elemen lainnya. Kedua, memperkuat fungsi organisasi BPD. Ketiga, mengembangkan inisiatif, responsif, imajinatif, kolaboratif, dan inovatif. Terakhir, merencanakan program kerja yang jelas dan berdampak positif bagi masyarakat bersama pemerintah desa," pungkasnya.


Reporter: Soni Suganda

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • FBPD Kecamatan Bojongmangu Gelar Pembinaan Kapasitas

Terkini

Topik Populer

Iklan