Iklan

Iklan

Eceng Gondok Disulap IRT Karawang Tembus Pasar Dunia

BERITA PEMBARUAN
08 Desember 2023, 00:37 WIB Last Updated 2023-12-08T00:47:54Z
Hasil Kreativitas dari pengrajin Ibu Rumah Tangga di Karawang yang tembus Pasar di Hongkong. (foto: ist)


KARAWANG Kerajinan tangan eceng gondok karya ibu rumah tangga (IRT) di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, berhasil menembus pasar mancanegara. Produk tersebut dipasarkan ke negara Hongkong.


Salah seorang pengrajin, Mayorita, mengatakan bahwa dirinya sudah menekuni usaha kerajinan tangan eceng gondok selama kurang lebih 15 tahun. Selama itu, produknya telah dipasarkan ke berbagai daerah di Indonesia, termasuk ke mancanegara.


"Sejauh ini produk kami sudah mampu untuk bersaing di luar negeri, diantaranya negara Hongkong," kata Mayorita saat ditemui di acara Temu Karya Dunia Kurasi Kriya di Swiss-Bellin Karawang, Kamis 7 Desember 2023. 


Dalam acara tersebut, Mayorita memamerkan berbagai produk kerajinan tangan eceng gondok buatannya, seperti tas, dompet, tempat tisu, dan lainnya. Produk-produk tersebut dibuat dengan berbagai motif dan warna yang menarik.


Mayorita mengatakan, dirinya bersama lima pengrajin lainnya di Rengasdengklok membentuk kelompok usaha bernama Eslita Ekraf. Kelompok tersebut bertujuan untuk memperluas pemasaran produk kerajinan tangan eceng gondok.


"Kami berharap dengan adanya acara seperti ini bisa memperluas pemasarannya biar hasil karya kami bisa terus terjual," ujar Mayorita.


Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Karawang, Teddy Rusfandi, mengapresiasi hasil karya para pengrajin eceng gondok di Karawang. Menurutnya, kerajinan tangan eceng gondok merupakan salah satu potensi ekonomi kreatif yang perlu dikembangkan di Karawang.


"Kerajinan tangan eceng gondok ini merupakan salah satu potensi ekonomi kreatif yang perlu kita kembangkan di Karawang. Kita akan terus mendukung para pengrajin untuk memasarkan produknya," kata Teddy.(bdg)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Eceng Gondok Disulap IRT Karawang Tembus Pasar Dunia

Terkini

Topik Populer

Iklan