Iklan

Iklan

Antisipasi Banjir Akibat Sampah di Sungai, Pj. Bupati dan BPBD Lakukan Balarut Banyu

BERITA PEMBARUAN
27 Desember 2023, 16:45 WIB Last Updated 2023-12-27T09:45:23Z
PJ. Bupati Tapin saat ikuti kegiatan Baralut Banyu di Sungai Tapin, Kalsel, Rabu 27 Desember 2023.(foto: ist)


RANTAU - Penjabat (Pj) Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin ikuti kegiatan Balarut Banyu atau susur sungai,di Sungai Tapin, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Rabu 27 Desember 2023.


Titik start Balarut Banyu tersebut dimulai dari Jembatan Sungai Tapin Jl Jendral Sudirman (By Pass) Kecamatan Bungur hingga finish di Jembatan Sungai Tapin Jl Brigjen Hasan Basri Rantau.


Pj.Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin mengatakan, kegiatan susur sungai tersebut dalam rangka antisipasi potensi bencana banjir pada musim penghujan kali ini.


"Ini sebagai upaya antisipasi potensi bencana banjir. Kita lakukan pembersihan sungai Tapin sekaligus untuk monitoring tebing kawasan bantaran sungai yang rawan atau berpotensi longsor," ujarnya.


Menurutnya, sungai adalah sumber kehidupan bahkan potensi untuk dijadikan sektor pariwisata. Sehingga harus dijaga dan dirawat dengan baik agar tetap bersih, aman dan indah.


"Alam termasuk sungai ini merupakan anugerah, namun jika kita abai bahkan merusaknya,maka bisa marah dan berubah jadi bencana," sebutnya.


Ia menambahkan,sebagai wujud upaya kesiap siagaan dan atisipasi dini bencana, pihaknya akan melakukan kroscek terhadap instansi terkait tentang sarana prasarana yang ada dan yang perlu ditambahkan.


Sementara,Kepala BPBD Kabupaten Tapin, Raniansyah mengatakan, kegiatan balarut banyu ini disamping bersih-bersih sungai sekaligus sebagai event wisata alam susur sungai.


"Untuk pesertanya tadi, selain BPBD Tapin,juga dari TNI Kodim 1010/Tapin, Polres Tapin,Dinas PUPR,Dinas LH, RAFI, Orari dan relawan lainnya," sebutnya.


Raniansyah menyampaikan, dari hasil susur sungai tersebut, pihaknya berhasil mengumpulkan belasan karung sampah dan membersihkan ranting pohon dan kayu di Sungai Tapin yang dilewatinya.


"Harapannya, dengan giat balarut banyu sekaligus membersihkan sungai Tapin ini dapat meminimalisir bencana banjir akibat air terhambat sampah dan adanya pendangkalan", pungkasnya.(ron).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Antisipasi Banjir Akibat Sampah di Sungai, Pj. Bupati dan BPBD Lakukan Balarut Banyu

Terkini

Topik Populer

Iklan