Iklan

Iklan

Dedi Mulyadi bersama Anaknya Hadiri Acara Hajat Bumi di Desa Kamojing

BERITA PEMBARUAN
23 Desember 2023, 22:30 WIB Last Updated 2023-12-23T15:30:47Z
Dedi Mulyadi saat ikut mikul Dondang di acara Hajat Bumi Desa Kamojing, Cikampek, Sabtu 23 Desember 2023 (foto: bdg)


KARAWANG - Desa Kamojing, Cikampek Karawang, menggelar tradisi tahunan yang dikenal sebagai babarit atau hajat bumi, pada Sabtu 23 Desember 2023.


Acara ini menjadi perwujudan budaya gotong royong yang kental di masyarakat pedesaan, dihadiri oleh warga dekat dan jauh.


Salah satu sorotan dalam hajat bumi ini adalah kehadiran calon legislatif DPR RI dari Partai Gerindra, Dedi Mulyadi, bersama anak sulungnya, Maulana Akbar Ahmad Habibie, yang juga menjadi bacaleg untuk DPRD Jabar. 


Meskipun terdapat kontroversi terkait kehadiran mereka, panitia menyatakan bahwa kegiatan ini adalah inisiatif masyarakat desa.


Rangkaian acara termasuk pagelaran seni sunda wayang golek oleh Ki Dalang Ali Barlian Sunandar Sunarya, doa bersama, dan arak dongdang, menjadi bagian tak terpisahkan dari tradisi tersebut. 


Dalam arak dongdang, Dedi Mulyadi turut serta memikul dongdang paling depan bersama warga, menunjukkan partisipasinya dalam kegiatan tersebut.


Ketua panitia, Adi Sugianto, menjelaskan bahwa hajat bumi merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh pemerintah desa bersama masyarakat. 


"Terkait kehadiran calon anggota dewan, panitia menyatakan bahwa mereka tidak diundang secara khusus, namun hadir sebagai tokoh masyarakat yang mengundang diri sendiri," ujarnya.


Menurutnya, meskipun ada kontroversi terkait kehadiran Dedi Mulyadi dalam kegiatan tersebut, Adi Sugianto menegaskan, Dedi Mulyadi hanya seorang budayawan dan bukan calon anggota DPR. 


"Meskipun ada pernyataan kontroversial dari Dedi Mulyadi tentang pencalonannya, panitia meyakinkan bahwa kegiatan ini tetap dalam kerangka hajat bumi dan bukan bagian dari kampanye pemilu," tukasnya.


Perlu dicatat bahwa dalam Pasal 280 ayat (2) UU Pemilu, perangkat desa dilarang diikutsertakan dalam kampanye pemilu. 


"Meskipun demikian, Adi Sugianto menegaskan bahwa kegiatan tersebut adalah inisiatif pemerintah desa, dan kehadiran Dedi Mulyadi bukan bagian dari kampanye politik," tandasnya.(bdg)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dedi Mulyadi bersama Anaknya Hadiri Acara Hajat Bumi di Desa Kamojing

Terkini

Topik Populer

Iklan