Iklan

Iklan

Gubernur Kalsel: Tapin jadi Contoh Kabupaten Gerbang IKN Penyangga Pangan Nasional

BERITA PEMBARUAN
01 Desember 2023, 06:39 WIB Last Updated 2023-11-30T23:39:29Z
Gubernur Kalsel Paman Birin saat memotong tumpeng pada puncak Harjad Kabupaten Tapin didampingi PJ Bupati H.Muhammad Syarifuddin, di Rantau Baru, Kamis 30 November 2023.(Ron)


RANTAU - Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, mengatakan, peringatan Hari Jadi merupakan hari yang bermakna untuk dihayati dan direnungkan bersama. 


Dan ini sekaligus momentum untuk menjaga keberlanjutan pembangunan agar lebih maju dan berkembang guna menjadi lebih baik.


Hal itu disampaikan Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor dalam sambutannya pada Puncak Perayaan Hari Jadi Kabupaten Tapin ke -58, di Halaman Kantor Bupati Tapin, Rantau Baru, Kamis (30/11/2023).


"Atas nama pribadi dan pemerintah Provinsi Kalsel saya ucapkan, Dirgahayu Kabupaten Tapin yang ke -58," ucapnya.


Sahbirin mengatakan,peringatan Hari Jadi adalah milik bersama,antara lain milik pemerintah daerah dan milik seluruh lapisan masyarakat.


"Oleh karena itu hari jadi bukan hanya sekedar seremoni jajaran pemerintahan, akan tetapi momentum kebersamaan antara pemerintah dan rakyat," ujarnya.


Ia berharap Pemerintah Kabupaten Tapin bisa menjadi contoh dalam percepatan pembenahan diberbagai sektor,yang relevan dengan kebutuhan daerah sebagai gerbang IKN dan penyangga pangan nasional.


Dikatakannya, keberhasilan Tapin saat ini yang berusia 58 tahun, kiranya bisa dipertahankan dan terus ditingkatkan, di antaranya dengan menggali lebih maksimal lagi seluruh potensi yang ada.


Sebagai contoh kata Sahbirin Noor, pengembangan sektor pertanian, bawang merah, cabai hiyung dan padi serta pertanian lainnya yang menjadi unggulan tapin selama ini,hendaknya terus dioptimalkan dan digali lebih luas lagi.


Namun demikian kata Paman Birin, di sisi lain pemerintah daerah juga harus memperhatikan, bahwa orientasi pembangunan hendaknya diwujudkan dalam keseimbangan dan keterpaduan antara pembangunan fisik dan SDM serta kesehatan termasuk dampak pembangunan terhadap lingkungan.


Dikatakannya, peringatan hari jadi ini, momentum untuk merefleksikan, mengevaluasi, sekaligus mengukur target sasaran pembangunan yang sudah atau yang belum tercapai juga agenda pembangunan selanjutnya untuk mendukung kebijakan pembangunan nasional di era pemerintahan sekarang.


“Mudah-mudahan dengan peringatan ini Kabupaten Tapin akan bisa berbuat sesuatu yang lebih baik, untuk pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat secara berkesinambungan dan berkelanjutan," harap Gubernur.


Diakhir sambutannya, Gubernur Kalsel ingatkan tentang pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan diantara seluruh lapisan masyarakat dan pemerintah, dalam mengahadapi Pemilu 2024.


"Persatuan dan kesatuan,dan utuhnya NKRI harus di atas segalanya, meskipun berbeda partai atau beda pilihan calon presiden," tandas Sahbirin Noor.(ron)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Gubernur Kalsel: Tapin jadi Contoh Kabupaten Gerbang IKN Penyangga Pangan Nasional

Terkini

Topik Populer

Iklan