Iklan

Iklan

Puncak Peringatan HUT Tapin ke -58, Pj. Bupati Paparkan Raihan Pemkab Selama Setahun

BERITA PEMBARUAN
01 Desember 2023, 06:57 WIB Last Updated 2023-11-30T23:57:46Z
Bupati Tapin H.M Syarifuddin (pertama dari kiri), Kadis Perindustrian, Kajari, Kadis Perdagangan saat menunjukkan hasil produksi makanan olahan binaan UMKM binaan dinas perindustrian, Kamis 30 November 2023.(foto: ist)


RANTAU - Puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Tapin ke -58, dihadiri Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor dan sejumlah pejabat Pemprov Kalsel serta para tokoh terkemuka baik tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan, bertempat di Halaman Kantor Bupati Tapin Rantau Baru, Tapin, Kamis (30/11/2023).


Rangkaian acara diawali penayangan sejarah perjalanan terbentuknya Kabupaten Tapin dan membacakan nama-nama Bupati Tapin dari mulai awal berdirinya Kabupaten Tapin 30 November 1965 lalu hingga sekarang.


Dihadapan tamu undangan, Pj. Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin sampaikan berbagai macam keberhasilan pembangunan Kabupaten Tapin dalam kurun waktu satu tahun terakhir, masa kepemimpinannya.


Dikatakannya, capaian yang signifikan dalam setahun ini antara lain penurunan angka stunting dimana sebelumnya mencapai 33,5 persen yang kini tinggal diangka 14,5 persen atau ada penurunan 19 persen.


"Kesuksesan inilah yang membuat Kabupaten Tapin berhasil mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat, atas kontribusinya dalam percepatan penurunan stunting tahun 2023," ujarnya.


Kemudian pada tahun ini, Tapin juga telah menjadi Kabupaten Universal Health Coverage (UHC) dengan pencapaian 96,16 persen dan optimis tahun depan ditargetkan bisa mencapai 98 persen.


Ia pun menyampaikan rencana pada tahun 2024 nanti akan mendirikan Mini Mall Pelayanan Publik (Mini MPP) di dua Kecamatan, Binuang dan Candi Laras Utara guna memberikan kemudahan tentang pelayanan publik kepada masyarakat Kabupaten Tapin.


"Pembangunan dan penataan wilayah di Kabupaten Tapin akan terus kita tingkatkan, terutama penataan di wilayah pusat kota yang tentunya dengan koordinasi dan konsolidasi bersama stakeholder yang ada," ucapnya.


Syarifuddin juga mengutarakan,guna mewujudkan percepatan program sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) dan bentuk upaya mengamankan data serta informasi, Pemkab Tapin kini telah bekerjasama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).


"Sebagai bentuk implementasi SPBE, kita telah bekerjasama dengan BSSN membuat inovasi program computer security insiden response team (CSIRT)," sebut Syarifuddin.


Ia pun menyampaikan, sebagai wujud upaya percepatan pembangunan sumber daya manusia (SDM), Pemkab Tapin konsisten memberikan bantuan beasiswa program pendidikan terhadap ribuan siswa-siswi tingkat SD, SMP, SMA sederajat hingga santri dan mahasiswa.


"Bantuan beasiswa ini nilainya ratusan hingga miliaran rupiah tiap tahunnya, kerja sama dengan beberapa perusahaan melalui dana CSR," sebutnya.(ron)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Puncak Peringatan HUT Tapin ke -58, Pj. Bupati Paparkan Raihan Pemkab Selama Setahun

Terkini

Topik Populer

Iklan