Iklan

Iklan

Tapin Expo Ajang Promosi dan Tarik Investasi Sektor Industri, Perdagangan dan Pariwisata

BERITA PEMBARUAN
01 Desember 2023, 07:14 WIB Last Updated 2023-12-01T00:14:39Z
PJ Bupati H.Muhammad Syarifuddin (tengah) bersama Kadis Perindustrian (kanan) dan Kajari pertama dari kiri perlihatkan hasil kerajinan Tas bahan Purin dan Kopiah Jangang hasil UMKM, Kamis 30 November 2023.(foto: ist)


RANTAU - Penjabat (Pj) Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin didampingi Pj. Ketua TP PKK bersama Sekda H Sufiansyah dan Jajaran Forkopimda, secara resmi membuka gelaran Tapin Expo 2023 pada rangkaian puncak HUT Kabupaten Tapin ke -58.


Pembukaan Tapin Expo 2023 Hari Jadi Kabupaten Tapin ini, ditandai dengan gunting pita oleh Penjabat Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin, bertempat Kawasan Ruang Terbuka Publik (RTP) Rantau Baru, Kamis (30/11/2023).


Penjabat (Pj) Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin mengharapkan,Tapin Expo yang digelar tiap tahun dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Tapin ini bisa berdampak positif pada perekonomian masyarakat terutama para pelaku UMKM di Tapin.


Dikatakan Syarifuddin, gelaran ini selain ajang untuk rekreasi atau hiburan bagi masyarakat, juga momentum untuk para pelaku ekonomi kreatif di antaranya pengrajin, pedagang dan lainnya dalam meraih manfaat pada HUT Tapin ini.


"Ini momentum bagi pengrajin atau pelaku ekonomi kreatif lainnya. Untuk mempromosikan hasil produksi kerajinan atau produk kreativitas masyarakat Tapin, agar mendapatkan dampak positif secara ekonomi buat mereka," ujarnya.


Diutarakan Syarifuddin, banyak hasil produksi kerajinan lokal Tapin yang mampu bersaing dengan produk-produk dari daerah lain. Sehingga dapat diminati oleh berbagai kalangan masyarakat baik lokal maupun nasional.


Ia menyebutkan, hasil produk lokal yang bisa dikembangkan di antaranya, kain sasirangan atau batik khas Banjar, produk kerajinan dari bahan purun, hingga kopiah jangang dan cabai hiyung yang hanya ada dan diproduksi oleh para pengrajin di Kabupaten Tapin.


Sementara, Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Tapin sekaligus sebagai penanggung jawab gelaran Tapin Expo 2023, Sugian Noor menyampaikan, gelaran ini merupakan agenda tahunan pemerintah daerah dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Tapin.


Tapin Expo ini bertujuan memeriahkan Hari Jadi. Juga sebagai upaya pemerintah daerah dalam memberikan ruang atau media bagi para pelaku ekonomi kreatif lokal. Dan juga agar dapat dipromosikan hasil produksi kretivitasnya masing-masing di samping sarana hiburan, atau tempat tujuan rekreasi masyarakat Tapin.


"Diharapkan, Tapin Ekpo ini membawa dampak positif pada peningkatan perekonomian masyarakat Tapin," harap Sugian Noor.


Ia melaporkan, Tapin Expo tahun 2023 ini melibatkan 124 pelaku UMKM atau pedagang, 29 instansi SKPD, dua Forkopimda, lima perusahaan swasta dan BUMD, Dekranasda dan dia belas Kecamatan di Kabupaten Tapin.


Adapun tema Tapin Expo 2023 kali ini adalah 'Promosi Digital, Produk Lokal Go Global', diharapkan sebagai mana tema tersebut, dapat mendorong upaya digitalisasi dalam promosi dan pemasaran produk-produk lokal.


"Sehingga produk lokal dalat lebih dikenal dan bisa menembus pasar nasional bahkan internasional, disamping untuk mengenalkan potensi dan peluang investasi disektor industri, perdagangan hingga pariwisata," tandasnya.(ron)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tapin Expo Ajang Promosi dan Tarik Investasi Sektor Industri, Perdagangan dan Pariwisata

Terkini

Topik Populer

Iklan