Iklan

Iklan

Hingga Hari ke -9 Tapin Expo 2023 Diserbu Ribuan Pengunjung Tiap Harinya

BERITA PEMBARUAN
09 Desember 2023, 12:32 WIB Last Updated 2023-12-09T05:32:38Z
Warga serbu Tapin Expo di Ruang Terbuka Rantau Baru, Sabtu 9 Desember 2023.(foto: Ron)


RANTAU - Menginjak hari ke -9 gelaran Tapin Expo 2023 memperingati HUT Tapin ke -58 di Ruang Terbuka Publik (RTP) Kabupaten Tapin, Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Tapin, Sugian Noor memperkirakan, selama 9 hari pada event tahunan ini, pergerakan ekonomi di lokasi tersebut bisa mencapai Rp2 - 2,5 miliar.


Hal tersebut diperkirakannya, karena melihat antusiasme masyarakat yang datang ke Tapin Expo dari awal event ini dibuka (30/11) lalu hingga sekarang,tiap harinya bisa mencapai ribuan pengunjung, Rantau, Jumat (8/12/2023).


Sugian Noor menyebutkan, pengunjung yang datang per harinya dikisaran antara 2000 hingga 2.500 orang dan jika dirata-ratakan mereka berbelanja sebesar Rp100 sampai Rp150 ribu per orang, kali 2 ribu pengunjung dan dikalikan 9 hari,maka perputaran ekonominya bisa mencapai kisaran Rp2-2,5 miliar.


"Poin penting lainnya adalah, Tapin Expo ini sebagai sarana membuka peluang bagi para pelaku UMKM di tapin,agar bisa lebih luas lagi dalam hal promosi dan pemasaran," ujarnya.


Ia berharap, event Tapin Expo ini jadi momen untuk evaluasi bersama baik bagi pemangku kebijakan maupun para pelaku UMKM, guna tumbuh kembangnya sektor ekonomi kreatif (UMKM) di Tapin.


Kami berharap kata Sugian Noor,ke depannya para pelaku UMKM di tapin lebih meningkatkan kualitas baik dari sisi desain produk, kuantitas produksi, hingga promosi juga pemasaran hasil produk.


"Untuk sektor perdagangan (UMKM) saat ini presentasenya sekitar 20-25 persen menopang ekonomi masyarakat di Tapin. Masih di bawah sektor pertanian," ujarnya.


Sugian Noor menekankan para pelaku UMKM penting mengikuti perkembangan jaman, di mana promosi dan pemasaran bisa dilakukan dengan berbasis digital.


"Saya harap UMKM bisa memanfaatkan ruang media sosial dan e -comerce yang ada untuk promosi dan pemasaran, sehingga produk Tapin bisa diterima baik pasar lokal, nasional hingga global," harap Kepala Dinas Perdagangan Tapin.


Pantauan, event Tapin Expo bukan hanya sekedar menyediakan stand-stand perdagangan namun juga terdapat produk jasa dan pelayanan publik, baik instansi lingkup pemkab tapin maupun lintas sektor, BUMN, BUMD dan Swasta.

 

Di Tapin Expo ini juga terdapat stand pelayanan publik di antaranya, pembuatan nomor induk berusaha (NIB) (DPMPTSP), pelayanan kesehatan (Dinkes), KB, dan pengurusan administrasi kependudukan (Disdukcapil), konsultasi sektor pertanian peternakan, perikanan hingga job fair.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Hingga Hari ke -9 Tapin Expo 2023 Diserbu Ribuan Pengunjung Tiap Harinya

Terkini

Topik Populer

Iklan