Iklan

Iklan

Jelang Libur Nataru, Anggota DPR Minta Pemerintah Antisipasi Lonjakan Covid-19

BERITA PEMBARUAN
12 Desember 2023, 10:52 WIB Last Updated 2023-12-12T03:52:38Z
Anggota KomisiIX DOR RI Netty Prasetiyani (foto: istimewa)


JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PKS, Netty Prasetiyani, mendesak pemerintah untuk segera mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi menjelang libur lebaran dan tahun baru (nataru). 


Pernyataan ini disampaikan dalam keterangan medianya pada Senin, (11/12/2023).


Netty menyoroti peningkatan kasus Covid-19 di Jakarta sejak November 2023, dengan data per 3 Desember mencatat adanya 80 kasus baru. Ia menekankan perlunya perhatian serius dari pemerintah untuk menyiapkan langkah-langkah pencegahan yang efektif, terutama mengingat mendekati masa libur nataru.


“Sejak November 2023 di Jakarta sudah terjadi peningkatan kasus Covid-19. Data per 3 Desember menyebutkan ada 80 kasus. Ini harus menjadi perhatian serius pemerintah untuk menyiapkan langkah pencegahan perkembangan kasus. Apalagi sebentar lagi kita menghadapi libur nataru,” kata Netty.


Anggota DPR tersebut meminta Pemerintah untuk mempertimbangkan kembali penggunaan masker di ruang publik dan mengatur kerumunan massa sebagai langkah awal dalam mengendalikan penyebaran virus.


“Segera lakukan kajian apakah penggunaan masker di ruang publik merupakan langkah yang harus diterapkan kembali. Titik lemah pemerintah adalah komunikasi publik ke masyarakat. Bagaimana kesiapan faskes untuk mengatasi keadaan darurat? Kita tidak ingin terlambat dalam langkah antisipasi sehingga faskes kolaps saat menghadapi lonjakan kasus,” terangnya.


Netty juga menekankan pentingnya persiapan dalam segala aspek untuk menghadapi potensi lonjakan kasus Covid-19, termasuk faskes, obat, vaksin, alat deteksi, serta personel kesehatan. Ia juga mengajak pemerintah untuk meningkatkan kegiatan testing, pelacakan kontak, dan isolasi guna memitigasi penyebaran virus.


“Segala kebutuhan untuk menghadapi potensi lonjakan kasus Covid-19 harus dalam kondisi prima, baik itu faskes, obat, vaksin, alat deteksi, nakes, dan sebagainya. Juga tingkatkan kembali kegiatan testing, pelacakan kontak, dan isolasi untuk memitigasi penyebaran virus,” tambah Netty.


Anggota DPR PKS itu juga mengimbau masyarakat agar tetap menjaga kesehatan dan kebersihan diri di tengah perubahan cuaca saat ini.


“Jaga kesehatan, gunakan masker, dan kurangi mobilitas saat merasa kurang sehat. Kesadaran masyarakat menjadi poin penting dalam mencegah penyebaran virus,” tutup Netty Prasetiyani.(**)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Jelang Libur Nataru, Anggota DPR Minta Pemerintah Antisipasi Lonjakan Covid-19

Terkini

Topik Populer

Iklan