Iklan

Iklan

Pupuk Kujang Sukseskan Program Makmur untuk Tingkatkan Stok Beras Nasional

BERITA PEMBARUAN
01 Maret 2024, 15:56 WIB Last Updated 2024-03-01T08:56:00Z
Areal pesawahan di Kabupaten Karawang.(foto: ist)


KARAWANG - Pupuk Kujang terus berupaya membantu petani meningkatkan produksi padi menjelang berakhirnya musim tanam rendeng. 


Dengan mengkoordinir Program Makmur, Pupuk Kujang mengoptimalkan langkah-langkah strategis untuk mencapai tujuan tersebut, termasuk menjaga stok pupuk dan menyiagakan agronom.


Koordinator Tim Makmur Pupuk Kujang, Syaiful Rodhian, menyatakan optimisme bahwa Program Makmur dapat turut meningkatkan stok beras nasional. 


"Bila melihat tren kenaikan panen para petani peserta Program Makmur, kami optimistis program ini turut membantu meningkatkan stok beras nasional, terutama di daerah-daerah sentra pertanian terbesar seperti Karawang, Indramayu, dan Subang," ujar Syaiful, Jumat 1 Maret 2024.


Hasil panen petani peserta Program Makmur menunjukkan peningkatan signifikan, dengan rata-rata berada di kisaran 7 hingga 8 ton per hektare, dibandingkan dengan sebelum mengikuti program yang berada di kisaran 5 hingga 6 ton per hektare.


"Melihat data hasil panen petani yang kami himpun, ditemukan tren peningkatan hasil panen saat mengikuti program Makmur," sebut Syaiful.


Menurut Syaiful, pada tahun 2024, Program Makmur Pupuk Kujang akan lebih luas dan menjangkau lebih banyak petani. Target akuisisi lahan seluas 42 ribu hektare, terutama untuk komoditas padi, merupakan langkah ambisius yang lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 34.014 hektare.


Tim agronom Pupuk Kujang telah menyiapkan diri untuk mendampingi petani sejak persiapan tanam hingga panen. 


"Para agronom ini akan memberikan rekomendasi pupuk unggulan dan takaran yang presisi kepada petani, serta memberikan konsultasi dan solusi terhadap kendala yang mungkin muncul selama budidaya," kata Syaiful.


Selain melalui Program Makmur, Pupuk Kujang juga memproduksi pupuk untuk petani baik subsidi maupun non-subsidi sesuai penugasan pemerintah. 


Hingga 29 Februari 2024, kata Syaiful, stok pupuk bersubsidi di Pupuk Kujang mencapai 110.875 ton, menjaga ketersediaan untuk mendukung musim tanam penghujan ini.(rls/**)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pupuk Kujang Sukseskan Program Makmur untuk Tingkatkan Stok Beras Nasional

Terkini

Topik Populer

Iklan