Iklan

Iklan

Satlantas Polres Tapin Gelar Tradisi Hari Asyura dengan Bagikan Bubur pada Warga

BERITA PEMBARUAN
19 Agustus 2021, 13:38 WIB Last Updated 2021-08-19T06:38:42Z
Kasat lantas Polres Tapin AKP Risda Idfira saat berikan bubur Asyura pada warga di Jalan Brigjen Hasan Basry Rantau, Kamis (19/8/21)(foto:ist)


RANTAU- Sebagai wujud menjaga tradisi dan memperingati Hari Asyura tanggal 10 Muharram 1443 hijriah jajaran Satuan Lalulintas Polres Tapin yang dipimpin langsung oleh Kasat Lantas AKP Risda Idfira S.I.K., membagikan bubur Asyura kepada warga Tapin, Kamis (19/8/21).


Pembagian bubur asyura yang dilakukan jajaran Satlantas Polres Tapin tersebut dimulai Kamis pagi hari sekira pukul 07.00 WITA di sepanjang jalan Brigjen Hasan Basry Rantau Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan. 


Sasaran pembagian yakni para pengguna jalan yang kebetulan sedang melintas baik yang menggunakan roda empat maupun roda dua serta kepada para tukang becak yang biasa mangkal dan berada di sepanjang jalan Brigjen Hasan Basry Rantau sekaligus memberikan imbauan tentang prokes seperti menggunakan masker. 


Kasatlantas Polres Tapin AKP Risda Idfira menyampaikan pembagian bubur asyura yang dilaksanakan jajaran satuan lalulintas Polres Tapin ini selain dalam rangka memperingati Hari Asyura atau 10 Muharram 1443 Hijiriah sekaligus sebagai wujud menjaga tradisi. 


 AKP Risda Idfira berharap, dengan aksi sederhana yang dilaksanakan pihak jajaran Satlantas Polres Tapin ini berdampak pada simbiosis mutualisme antara masyarakat dengan kepolisian. 


"Masyarakat mencintai polisi dan pihak polisi memberikan citra yang baik kepada masyarakat," tandasnya. 


Sebagai informasi, bulan Muharram merupakan bulan pertama dalam kalender penanggalan Hijriyah, Muharram merupakan salah satu bulan yang diistimewakan oleh umat muslim khususnya pada tanggal 10 Muharram.


Tanggal 10 Muharram atau populer disebut hari Asyura merupakan hari istimewa bagi umat muslim, banyak peristiwa besar dalam sejarah para nabi yang terjadi pada tanggal 10 Muharram. 


Diketahui ada beberapa peristiwa para nabi yang diyakini umat muslim di seluruh dunia yang terjadi pada tanggal 10 Muharram, salah satunya peristiwa taubat dan diterima taubatnya nabi Adam AS oleh Allah SWT, peristiwa surut dan berlabuhnya kapal nabi Nuh as di bukit zuhdi atau gunung Judd setelah banjir besar. 


Selain itu peristiwa selamatnya nabi Ibrahim AS ketika dibakar Namrud, peristiwa dibebaskannya nabi Yusuf AS dari penjara mesir atas fitnah, peristiwa keluarnya nabi Yunus AS dari perut dari perut ikan dengan selamat, peristiwa sembuhnya nabi Ayyub AS dari penyakit kulitnya dan peristiwa selamatnya nabi Musa dari kejaran tentara Firaun. 


Pada tanggal 10 Muharram umat muslim disunahkan untuk menjalankan ibadah puasa dan sangat dianjurkan untuk bersedekah kepada anak yatim, keluarga, kerabat dan orang orang yang membutuhkan.(Ron)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Satlantas Polres Tapin Gelar Tradisi Hari Asyura dengan Bagikan Bubur pada Warga

Terkini

Topik Populer

Iklan