Iklan

Iklan

Sekitar Dua Hektar Lahan Hutan Terbakar di Desa Buas-buas CLU

BERITA PEMBARUAN
15 Agustus 2021, 20:46 WIB Last Updated 2021-08-15T13:46:23Z
Lahan dan Hutan seluas kurang lebih 2 hektar terbakar di Desa Buas-buas Kecamatan Candi Laras Utara Kabupaten Tapin, Minggu (15/8/21)(foto:ist)


RANTAU- Telah terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Desa Buas-buas Kecamatan Candi Laras Utara (CLU) Kabupaten Tapin pada hari Minggu (15/8/21) sekira pukul 10.30 WITA.


Informasi yang didapat beritapembaruan.id  dari Babinsa Koramil 1010-05/CLU Sertu Syahrianoor bahwa lahan yang terbakar untuk sementara terdeteksi lahan gambut.


"Lokasinya di Desa Buas-buas Kecamatan Candi Laras Utara luas areal lahan gambut yang terbakar sekitar 1,5 hektar," terangnya.


Sertu Safrianoor  menuturkan, kita menerima laporan adanya lahan yang terbakar pada hari Minggu tanggal 15 Agustus 2021 sekira pukul 10.30 WITA.


"Kami bersama Bhabinkamtibmas Polsek CLU melaksanakan Groundchek hotspot di Desa Buas-buas Kecamatan Candi Laras Utara dan ditemukan titik api di wilayah Desa Buas Buas, sekitar 4 Km dari pemukiman kampung," terangnya.


Lokasi tidak dapat dijangkau menggunakan kendaraan baik roda dua maupun roda empat, adapun lahan yang terbakar berupa lahan kosong atau lahan gambut.


"Kondisi saat ini api sudah padam dengan bantuan Bombing udara, perkiraan luas lahan yang terbakar sekitar 1,5 hektar," imbuhnya.


Sementara informasi dari Pusdalops BPBD Kabupaten Tapin melalui Kabid Kedaruratan BPBD Tapin H Ahmad Sofyan menyampaikan, pada hari Minggu 15 Agustus 2021 telah terjadi kebakaran hutan dan lahan di Desa Buas Buas Kecamatan Candi Laras Utara Kabupaten Tapin sekira pukul 11.00 WITA.


"Lahan terbakar jenis semak belukar dengan luas kurang lebih 2 hektare dan titik koordinat -2,7447220,114,9219440," terangnya.


Adapun upaya yang dilakukan bersama tim gabungan Pos Komando Siaga Darurat Kabut Asap Akibat KARHUTLA TRC melakukan Groundchek yang terpantau oleh helikopter patroli udara.


"Namun tidak bisa ke titik nol dikarenakan tidak ada akses baik roda 4 maupun roda 2," ungkapnya.


Ahmad Sofyan menerangkan titik api telah di water boombing oleh satgas udara dan kondisi terkini api sudah dapat dipadamkan.(ron)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Sekitar Dua Hektar Lahan Hutan Terbakar di Desa Buas-buas CLU

Terkini

Topik Populer

Iklan