Iklan

Iklan

Kabar Gembira, Pemkab Karawang Anggarkan Dua Puluh Miliar untuk Beasiswa Kacer

BERITA PEMBARUAN
21 Juli 2022, 22:56 WIB Last Updated 2022-07-21T15:56:56Z
Sub Koordinator Kesejahteraan Sosial Pemkab Karawang Ahmad Nurjaya (foto: yms)


KARAWANG - Kabar gembira bagi pelajar dan mahasiswa yang berasal dari Kabupaten Karawang. Pasalnya saat ini Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang menaikkan anggaran untuk beasiswa Karawang Cerdas (Kacer) di tahun 2022 menjadi sebesar 20 miliar. 


Hal itu disampaikan Sub Koordinator Kesejahteraan Sosial Pemkab Karawang, Ahmad Nurjaya saat ditemui di ruang kerjanya pada Selasa, (19/7/22).


Pada keterangannya, Ahmad Nurjaya  menyebutkan anggaran beasiswa Karawang Cerdas tahun 2022 lebih besar dibanding pada tahun 2021 yang sebesar 15 miliar, dan itu naik 5 miliar.


"Untuk beasiswa Karawang Cerdas di tahun 2022, kita anggarkan dua puluh miliar termasuk beasiswa penerima baru, serta untuk beasiswa lanjutan," sebut Nurjaya.


Kemudian untuk penerima beasiswa Kacer ini meliputi beasiswa untuk SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi.


"Di tahun sebelumnya, beasiswa untuk SD, SMP, SMA sebesar 1 juta. Sementara untuk perguruan tinggi 6 juta, dan untuk di 2022 besarannya belum ditetapkan dan jumlah target penerima nya juga belum kita tetapkan masih kita bahas," terangnya.


Disinggung soal besaran penerimaan beasiswa untuk kategori perguruan tinggi yang pada tahun 2020 sebesar 12 juta dan di tahun 2021 menjadi 6 juta.


" Itu dialokasikan ke masyarakat yang terdampak miskin ekstrem pada tahun 2021," tukasnya.


Lebih lanjut Nurjaya menambahkan, untuk syarat penerima beasiswa di tahun 2021 diprioritaskan bagi orang tua siswa yang meninggal karena Covid-19.


Masih menurut Nurjaya pada tahun 2022, selain prioritas untuk keluarga korban Covid-19, ada juga untuk jalur prestasi dan umum.


"Untuk SMP, SMA dan Perguruan Tinggi di tahun 2022 ini dibuka untuk umum juga, syaratnya khusus Perguruan Tinggi, IPK 3.0 berlaku untuk jurusan Sosial Humaniora, IPK 2, 75 untuk Sains Teknologi," tuturnya.


Untuk itu kata Nurjaya, orang Karawang yang kuliah di Karawang boleh di kampus swasta dan negeri, untuk orang Karawang yang kuliah di luar Karawang wajib di kampus negeri," jelasnya.


Diketahui sebelumnya Pemkab Karawang telah menggelontorkan 15 miliar untuk beasiswa Kacer pada tahun 2021, dengan total jumlah penerima 11.950 orang dari semua tingkatan.(yms)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kabar Gembira, Pemkab Karawang Anggarkan Dua Puluh Miliar untuk Beasiswa Kacer

Terkini

Topik Populer

Iklan