Iklan

Iklan

Program Tapal Batas Desa di Kecamatan Tegalwaru dan Pangkalan Dilaksanakan

BERITA PEMBARUAN
21 Juli 2022, 21:56 WIB Last Updated 2022-07-21T15:08:53Z
Acara sosialisasi pembangunan tugu tapal batas desa yang dilaksanakan di aula Kantor Kecamatan Pangkalan Kabupaten Karawang. (foto: ade) 


KARAWANG - Sosialisasi program pembangunan Tugu Tapal Batas desa yang bersumber dari Bantuan Provinsi (BanProv) Kecamatan Pangkalan, dilaksanakan di aula Kantor Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Kamis 21 Juli 2022.


Kegiatan ini dimaksudkan untuk penelusuran dan penegasan batas desa di Kabupaten Karawang, terutama di wilayah kecamatan Tegalwaru dan Kecamatan Pangkalan. 


Harapannya tidak ada lagi persoalan tentang batas administratif desa dan kemudian dilanjutkan dengan penetapan wilayah administrasi setiap desa di Kabupaten Karawang yang dikukuhkan dengan Peraturan Bupati.


Sosialisasi ini diikuti oleh para kades se-Kecamatan Tegalwaru dan Pangkalan serta aparat desa yang berkaitan dengan masalah pertanahan. 


Camat Pangkalan H. Usep Supriatna AP., M.Si., dalam arahannya menyatakan bahwa program ini bukan dimaksudkan untuk perebutan wilayah, karena masih dalam bingkai NKRI. 


"Program ini bertujuan agar semua batas desa jelas dan tidak tumpang tindih. Untuk mempermudah dalam urusan pelayanan administrasi dasar warga, baik KTP, KK, Akte Kelahiran, Akta Nikah juga akta atau sertifikat tanah. Dan kepentingan pengusaha untuk mengurus perizinan dan lainya," tandas Camat Usep. 


Lanjut Camat, persoalan batas desa ini merupakan hal yang sangat penting. Semoga segera tuntas dan jelas, sehingga ada kepastian hukum baik batas alam maupun batas buatan hingga dikemudian hari tidak lagi ditemukan soal tumpang tindih lahan baik antar desa, antar kecamatan maupun antar Kabupaten. 


"Karena Kabupaten Karawang khususnya belum memiliki Perda tentang wilayah yang didasarkan pada photo citrasatelit dengan metode datar," pungkasnya. (Ade) 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Program Tapal Batas Desa di Kecamatan Tegalwaru dan Pangkalan Dilaksanakan

Terkini

Topik Populer

Iklan