Iklan

Iklan

Setiap Hari Terjadi 1-2 Kasus Kecelakaan Lalu Lintas di Karawang

BERITA PEMBARUAN
19 Juli 2022, 08:16 WIB Last Updated 2022-07-19T01:48:10Z
Kanit Laka Lantas Polres Karawang IPDA Aan Juanda.(foto:Mus)


KARAWANG - Jumlah kecelakaan lalu lintas yang terjadi di wilayah Kabupaten Karawang masih cukup tinggi. Dari data Unit Kecelakaan Lalu Lintas Polres Karawang tercatat 189 kecelakaan terjadi selama periode bulan Januari sampai Juni 2022.


Pada bulan Januari terjadi sebanyak 33 kecelakaan, Februari 32, Maret 30, April 30, Mei 31 dan Juni 33 kali. Jadi rata-rata ada 31,5 kecelakaan terjadi setiap bulannya, atau setiap hari ada 1 sampai 2 kecelakaan terjadi. 


Penuturan Kepala Unit Kecelakaan Lalu Lintas (Kanit Laka Lantas) Polres Karawang, Ipda Aan Juanda, kecelakaan lalu lintas sebagian besar merupakan kendaraan roda dua atau sepeda motor. 


"Kejadian kecelakaan didominasi oleh kendaraan roda dua atau sepeda motor, tapi mobil juga ada," kata Kanit, Senin18 Juli 2022. 


Faktor yang paling banyak menjadi penyebab terjadinya kecelakaan adalah kurangnya konsentrasi ketika berkendara. 


"Faktor yang paling sering adalah kurang konsentrasi ketika berkendara, seperti mengantuk, berkendara sambil main HP, atau sambil merokok. Intinya human eror yang dominan. Kalau dari faktor kelaikan kendaraan cukup jarang karena kendaraan sekarang relatif baru-baru," terang Aan. 


Kanit mengatakan banyak faktor lain yang bisa penyebab kecelakaan, seperti kurangnya penerangan atau kondisi jalan yang rusak. 


"Ketika kita lagi bawa motor dan tidak konsentrasi, bisa saja kita jatuh karena adanya lubang di jalan. Intinya ketika berkendara harus fokus atau konsentrasi," tegas Kanit. 


Kanit juga menghimbau masyarakat untuk selalu tertib ketika berkendara, selalu mentaati rambu-rambu lalu lintas. Dan bagi yang belum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) tidak berkendara di jalan raya. 


"Untuk anak-anak sekolah jangan membawa sepeda motor, lebih baik diantarkan oleh orang tuanya. Selalu berhati-hati dan taat pada rambu-rambu lalu lintas agar tidak terjadi kecelakaan," tutur Kanit. (Mus)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Setiap Hari Terjadi 1-2 Kasus Kecelakaan Lalu Lintas di Karawang

Terkini

Topik Populer

Iklan