Iklan

Iklan

Bupati Tapin Launching Car Free Day, Ribuan Warga Padati Kawasan Rantau Baru

BERITA PEMBARUAN
04 September 2022, 13:00 WIB Last Updated 2022-09-04T06:00:31Z
Bupati Tapin HM Arifin Arfan berdidir di tengah -tengah massa saat Launching CFD di Kawasan Rantau Baru Kalsel, Minggu 4 September 2022.(foto:ist)


RANTAU - Ribuan warga ikuti Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day di Kawasan Rantau Baru Kabupaten Tapin Provinsi Kalimantan Selatan, Minggu 4 September 2022.


Pantauan, tempat jalan yang ada di kawasan Rantau Baru yakni Jalur Rantau Baru - By Pass, Rantau Baru - Jl A Yani, Rantau Baru - Jl MTQ dan Rantau Baru - Jl Salak ditutup dijadikan lokasi Care Free Day (CFD) yang dimulai pukul 06.00 WITA hingga selesai sekitar pukul 12.00 WITA. 


Di lokasi CFD, selain tersedia stand UMKM atau lapak - lapak para pedagang yang berjejer rapi, juga tersedia posko vaksinasi gratis dan posko untuk donor darah. Kegiatan lainnya yang digelar yakni senam minggu pagi ceria dan marching band serta menyiapkan berbagai door prize.


Launching CFD minggu pertama di Kabupaten Tapin tersebut berbarengan dengan peringatan HUT PGRI yang menggelar kegiatan senam minggu pagi ceria, dan jalan santai yang dilepas Bupati Tapin HM Arifin Arpan bersama Jajaran Forkopimda di Halaman Kantor Setda Pemkab Tapin.


Selain Bupati Tapin H. M. Arifin Arpan beserta istri yang juga Ketua TP PKK Tapin Hj Ratna Elliyani, turut hadir Komandan Kodim 1010/Tapin Letkol Inf Andi Sinrang, Kapolres Tapin AKBP Ernesto Saiser, Kajari  yang diwakili Kepala Sub Bagian Pembinaan Firman, Ketua DPRD Tapin H. Yamani dan Ketua Pengadilan Negeri Rantau D.H. Wisnu.


"Pemberlakuan Kegiatan Car Free Day ini dimaksudkan sebagai upaya untuk mengurangi polusi udara yang diakibatkan khususnya penggunaan kendaraan bermotor, sehingga kualitas udara di Kabupaten Tapin dapat meningkat sehat," ujarnya.


Dikatakan HM Arifin Arpan, pihaknya akan mendukung sepenuhnya kegiatan ini serta menjaganya dengan baik dan jika berjalan dengan animo yang cukup banyak, akan dikembangkan lagi.


"Rencananya secara berkala setiap hari Minggu kita adakan Car Free Day di halaman Kantor Bupati Tapin atau Kawasan Rantau Baru Kabupaten Tapin ini," ungkap Bupati.


Menurutnya, kegiatan CFD ini juga menjadi ajang silaturahmi antara warga masyarakat maupun personil TNI, Polri dan warga lainnya di Kabupaten Tapin.


Sementara ditempat terpisah, Dandim 1010/Tapin Letkol INF Andi Sinrang kepada beritapembaruan.id mengatakan, dengan pemberlakukan CFD ini setidaknya ada beberapa hal positif di dalamnya.


"Jalur CFD digunakan untuk aktivitas dan bebas tanpa adanya gangguan kendaraan bermotor. Kemudian dalam aktivitas ini terjadi komunikasi sosial yang mempererat persahabatan dan keakraban antar sesama warga," jelas Letkol Andi Sinrang.


Lanjutnya, kegiatan ini juga dapat menjadi tempat untuk meningkatkan perekonomian warga dengan berjualan aneka jajanan selama kegiatan CFD berlangsung, seperti bubur, minuman dan lain sebagainya.


"Hal lainnya, yaitu kegiatan CFD ini dapat dijadikan sebagai obyek rekreasi oleh warga masyarakat Kabupaten Tapin," pungkasnya.(pd1010/ron)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati Tapin Launching Car Free Day, Ribuan Warga Padati Kawasan Rantau Baru

Terkini

Topik Populer

Iklan