Iklan

Iklan

Sebanyak 23 dari 24 Parpol, Lolos Tahapan Verifikasi Pertama KPU Kabupaten Tapin

BERITA PEMBARUAN
27 September 2022, 16:38 WIB Last Updated 2022-09-27T09:38:52Z


RANTAU - Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Kabupaten Tapin laksanakan proses verifikasi administrasi terhadap 23 Partai Politik yang terdaftar dari 24 Parpol yang secara nasional dinyatakan lolos tahapan verifikasi.


Ketua KPU Kabupaten Tapin Hj. Henny Hendriyani mengatakan,sebanyak 23 dari 24 Partai Politik yang terdaftar secara nasional sudah dilakukan verifikasi tahap pertama oleh Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Kabupaten Tapin.


"Dari 4 tahapan verifikasi administrasi (Vermin), tahap pertama sudah selesai,dan akan memasuki tahap kedua Vermin," ujarnya di Rantau Senin 26 September 2022.


Saat ini KPU Kabupaten Tapin kata Hj Henny, sedang melaksanakan persiapan tahapan verifikasi perbaikan administrasi dokumen persyaratan partai politik peserta pemilu 2024 mendatang di Kabupaten Tapin.


"Untuk pelaksanaan tahapan verifikasi perbaikan administrasi dokumen persyaratan parpol tersebut dimulai pada tanggal 2 hingga 5 Oktober 2022 nanti," jelasnya.


Dijelaskan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tapin Hj. Henny Hendriyani, untuk perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), pada bulan Oktober mendatang akan dimulai.


Senada, Komisioner KPU Kabupaten Tapin Syaifudin mengatakan, Pemilihan Umum tahun 2024 di Kabupaten Tapin ini sedikit berbeda dengan pemilu - pemilu sebelumnya, karena pelaksanaannya berbarengan dengan Pilkada Serentak Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati.


"Tentu selain prosesnya akan memakan waktu yang cukup lama, juga akan menguras energi sehingga kesiapan mental dan fisik harus menjadi perhatian seluruh penyelenggara pemilu dari mulai tingkat Kabupaten hingga TPS," ujarnya.


Kendati demikian menurut Syaifudin, baik KPU Pusat maupun KPU Kabupaten Tapin tidak mengatur secara khusus yang berkaitan dengan kesiapan fisik para penyelenggara pada pelaksanaan pemilu 2024 mendatang dan proses tahapan-tahapannya sudah berlangsung saat ini.


Namun kata Syaifudin, ada hal lain yang baru dilakukan pada persiapan pemilu kali ini dimana disitu KPU Pusat mensyaratkan adanya Medical Check Up (MCU) untuk para penyelenggara pemilu di semua tingkatan.


"Guna antisipasi adanya trouble medis khususnya berkaitan dengan fisik para penyelenggara pemilu nanti,disiapkan MCU untuk mengontrol kondisi kesehatan para petugas pemilu di semua tingkatan," jelasnya.(ron)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Sebanyak 23 dari 24 Parpol, Lolos Tahapan Verifikasi Pertama KPU Kabupaten Tapin

Terkini

Topik Populer

Iklan