Iklan

Iklan

Simulasi Sispamkota Polres Tapin, Tak Puas Hasil Pemilu Puluhan Massa Gelar Aksi Anarkis

BERITA PEMBARUAN
23 September 2022, 13:13 WIB Last Updated 2022-09-23T06:13:09Z
Simulasi Sipamkota Pengamanan Pilkada dan Pileg yang digelar Polres Tapin, Jumat 23 Sept6 2022.(foto:ist)


RANTAU - Puluhan massa yang tidak puas dengan hasil Pilkada dan Pemilu Legislatif, melakukan aksi unjuk rasa di Kawasan Rantau Baru dekat Kantor Setda Pemkab Tapin, Kamis 22 September 2022.


Ratusan personel Kepolisian dari Polres Tapin yang dipimpin langsung oleh Kapolres AKBP Ernesto Saiser, S.I.K., M.H., mengamankan jalannya aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh puluhan massa tersebut.


Ketegangan sempat terjadi, massa melempari aparat kepolisian menggunakan botol plastik berisi air mineral, dan menyerang barikade polisi dengan memukul perisai petugas, tak ayal kericuhan pun terjadi.


Polisi mengambil tindakan dengan menyemprotkan air dari atas mobil water canon kepada massa yang anarkis itu. Sehingga para pengunjuk rasa lari kocar-kacir dan aksi unjuk rasa yang ricuh itu pun akhirnya berhasil dibubarkan.


Diketahui, seluruh kejadian tersebut merupakan adegan dalam kegiatan Simulasi Sispamkota Pengamanan Pilkada dan Pemilu yang digelar Polres Tapin Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan.


Kapolres Tapin AKBP Ernesto Saiser, mengatakan, simulasi Sispamkota ini bertujuan untuk memelihara kemampuan dan kesiapan personel dalam upaya mengendalikan massa.


"Meski hari H Pilkada dan Pemilu masih ada waktu lebih dari 1 tahun namun tahapan - tahapannya sudah mulai berlangsung, jadi kita pastikan kesiapan personil dalam menjaga Harkamtibmas di wilayah hukum Polres Tapin ini," ujarnya.


Dikatakan Kapolres Tapin, simulasi ini dilaksanakan untuk memelihara kemampuan personil dan penggunaan peralatan, karena hal itu sangat penting dilakukan sebagai upaya untuk menyiapkan seluruh komponen personel jika situasi dan kondisi sangat membutuhkan.


"Ada empat adegan dalam Simulasi ini dan keseluruhan dilakukan oleh Anggota Polres Tapin serta dilaksanakan seolah - olah seperti kejadian nyata di lapangan,agar mempunyai mitigasi dan manajemen konflik yang bagus," tandasnya.


Simulasi Sispamkota ini kata AKBP Ernesto Saiser, juga untuk mengantisipasi adanya gangguan Harkamtibmas yang terjadi pada pileg, pilpres dan pilkada serentak nanti.


Informasi, Simulasi Sispamkota itu menerjunkan 263 personil Polres Tapin  yang dipimpin langsung oleh Kapolres Tapin AKBP Ernesto Saiser, dan dihadiri PLh. Sekda Tapin Gusti Ridha Jaya, Ketua KPU Tapin Hj Henny Hendriyani, Ketua Bawaslu Tapin Thesa Aji Budiono,Dandim 1010/Tapin Letkol INF Andi Sinrang yang diwakili Pasi Ops serta sejumlah undangan lainnya.(ron)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Simulasi Sispamkota Polres Tapin, Tak Puas Hasil Pemilu Puluhan Massa Gelar Aksi Anarkis

Terkini

Topik Populer

Iklan